Bupati Halut Harap Ada Sinkronisasi Antara Puskesmas dan Dinkes

  • Bagikan
Bupati Halumahera Utara, Frans Manery (tengah) bersama Kepala Dinkes Muhammad Tapi-Tapi serta pegawai Dinkes (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Bupati Halmahera Utara (Halut) Ir Frans Manery berharap perlu ada sinkronisasi serta kerjasama antara Puskesmas sebagai pelaksana program kesehatan dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Sehingga semua kegiatan pelayanan kesehatan berjalan sesuai standar pelayanan yang ditentukan.

“Diperlukan komitmen bersama antara Puskesmas dan Dinkes tentang bagaimana menyamakan pemahaman terhadap program dan kemampuan dalam penyusunan program kerja sehingga tercipta komitmen serta sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan,” kata Frans saat membuka, Rapat Evaluasi Tahunan Program Kesehatan tahun 2019 di ruang Pertemuan Hotel Greenland Tobelo, Selasa (37/8) kemarin.

Bupati Frans dan Wakil Bupati Halut, Muchlis Tapi-Tapi yang memiliki visi kesehatan ini, berharap agar pelayanan kesehatan di masing-masing Puskesmas benar-benar dimaksimalkan. Frans  juga minta penjelasan dari masing-masing Kepala Puskesmas yang hadir pada kegiatan evaluasi tentang penangan penyakit demam berdarah (DBD)  dan penyakit HIV.

Namun pada kesempatan tersebut, hampir semua Kepala Puskesmas mengatakatan bahwa,  penyakit DBD,  yang terjadi di beberapa Puskesmas hingaa saat ini sudah dapat diatasi dan hampir tidak ada lagi.

“Saya berharap agar Kepala Puskesmas, setiap saat melakukan pencegahan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat di kecamatan dan desa melalui tempat tempat ibadah baik gereja maupun masjid,”pintanya

Akhir dari sambutan Frans berpesan agar pihak Dinkes dapat membangun kebersamaan dengan pihak Camat dan Kepala Desa dalam suatu tim kerja agar permasalahan kesehatan di desa dapat diatasi secara bersama.

Sementara itu, Kepala Dinkes Muhammad TapiTapi, mengatakan kegiatan rapat evaluasi tahunan ini bertujuan meningkatkan semangat dan komitmen bersama untuk mewujudkan Halmahera Utara Sehat, dengan menguatkan kualitas pelayanan.

Dalam pelaksanaan Rapat Evaluasi Tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara tahun  2019 juga dilakukan penyerahan  bantuan 2 Unit  mobil ambulance kepada Puskesmas Dorume dan Puskesmas Supu masing-masing mendapatkan satu unit. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Halut kepada perwakilan dari Puskesmas Dorume dan Puskesmas Supu. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut