Evaluasi Kenerja, Sekda Morotai Nilai 9 OPD Kinerjanya Buruk 

  • Bagikan
Sekda Pulau Morotai, M Maruf Kharie (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai telah mengevaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hasilnya terdapat 9 OPD dinilai kinerjanya buruk atau tidak bagus.

Sekertaris Daerah (Sekda) Pulau Morotai, M Maruf Kharie mengaku hasil evaluasi kinerja OPD lingkup Pemda Pulau Morotai ada beberapa OPD yang memiliki skor nilai yang bagus dan ada juga yang memiliki skor nilai yang tidak bagus atau buruk. Terdapat empat OPD yang skor nilainya buruk dengan skor nilai 0-50 yakni, Dinas Pendidikan, Dinas PTSP, BLH, Pariwisata, BKD, PDAM, Dukcapil, Nakertrans dan Perkim.

“Untuk Dinas Pendidikan target yang diberikan itu buat sekolah unggulan, jadi bukan hanya namanya unggul tapi betul-betul ada langkah-langkah strategis yang dilakukan, sehingga sekolah itu bisa diunggulkan, itu yang dia tidak lakukan. Dan juga selektif terhadap guru-guru yang nanti mengajar, kemudian pembaruan-pembaruan di bidang kurikulum dan lain sebagainya, namun dia hanya orentasinta di fisik,” ungkap Maruf ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (23/9/2019).

Maruf mengatakan penilaian kinerja ini dilihat dari pencapaian target yang diberikan outputnya yang menjadi ukuran. Jadi bukan hanya sekedar administrasi, tetapi output nyata yang dilihat.

“Misalnya Dinas Capil ditargetkan pembuatan KTP, urusan KK, Akte-Akte dan seluruh dokumen kependudukan semuanya tuntas, target inilah yang menjadi penilaian buat kami,” tutur Maruf.

Untuk OPD terbagi yang mengelolah pendapatan seperti perikanan salah satu targetnya PAD, Pertanian yang  misalkan swasembada pangan, kemudian terobosan-terobosan baru terkait dengan tanaman-tanaman holtukultural dan macam-macam.

“Target yang diberikan di semua OPD itu tinggi, kemarin itu saya memberikan nilai diatas  60 itu yang paling bagus tapi kan targetnya bukan 60 tapi kan 100,” cetusnya.

Sejauh ini Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Keuagan, RSUD, PMD, Bapedda, Inspektorat, Dinkes, PUPR mendapat nilai tinggi atau bagus dengan skor rata-rata 60. Sementara Dinas Perhubungan, Dispora, Kesbangpol, Satpol-PP, BPBD, Dinas Sosial dan Sekwan diberikan skor nilai kategori menengah dengan nilai rata-rata 50-60. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut