Jalan Provinsi Rusak Tanpa Perhatian, Pemkab Pulau Taliabu Bangun Ruas Jalan Baru

  • Whatsapp
Ruas jalan di Taliabu Utara milik Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang rusak parah (Foto: (Hamsan/KabarMalut)

BOBONG – Sejak terbentuk sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) berpisah dengan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Kabupaten Pulau Taliabu selama ini minim perhatian pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut). Faktanya ruas jalan Bobong-Tikong yang menjadi tanggung jawab Pemprov Malut, mengalami kerusakan parah tanpa ada peningkatan pasca dibangun sebagai jalan.

Tak ini masyarakat di Taliabu Utara ini terus menderita, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu telah membangun rusan jalan baru untuk lintasan masyarakat.

Salah satu warga Taliabu Utara, Rahmat Ibrahim mengaku, ruas jalan milik Pemprov Malut selalu mengancam keselamatan warga ketika melintasnya. Bahkan merasa resa karena kendaraan mereka selalu tertanam di lumpur ketika musim hujan tiba.

“Jadi perlu mereka tahu ya, kalau kita di sini (Taliabu Utara) mau menuju Utara ini kami sangat sulit, ketika tiba di jalan ini pasti motor kita tertanam di dalam lumpur,” Rahmat pada KabarMalut di Desa Selati Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kamis (11/10/2019).

Warga berharap Pemprov Malut dan Pemkab Pulau Taliabu untuk segera perbaiki ruas jalan tersebut. Warga sangat menderita ketika musim hujan karena tidak bisa melewati. Apalagi Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba selalu menjanjikan warga setiap momentum Pilkada.

“Jangan nanti saat momen politik baru datang janji masyarakat Taliabu ini lagi, tapi selesai itu jalan ini mereka tidak bikin lagi.  Jadi tolong pak gubernur bangun jalan kami ini, jangan hanya janji saat momen politik saja,” pintanya.

Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus mengatakan rua jalan menuju Taliabu Utara merupakan tanggung jawab Pemprov Malut, sehingga Pemkab Pulau Taliabi bisa membangun kerusakan yang terjadi. Agar masyarakat di setempat juga bisa menikmati jalan raya, Pemkab telah membangun ruas jalan baru menuju Taliabu Utara.

“Perlu diketahui bahwa jalan mulai dari Bobong menuju Utara itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi, bukan kabupaten. Tapi pemerintah kabupaten akan bangun badan jalan baru di pesisir pantai dan sementara proses pembukaan badan jalan sudah mulai dibangun,” singkat Aliong. (Ajo)

Pos terkait