Dinkes Pastikan Pulau Taliabu Bebas dari Virus Corona

  • Bagikan
Pembahasan Pencegahan Virus Corona,antara Dinas Kesehatan Pulau Taliabu dan PT ADT (Hamsan/KabarMalut)

BOBONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, memastikan Pulau Taliabu bebas dari ancaman wabah virus corona. Meski begitu, Dinkes juga melakukan langkah pencegahan terutama terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang bekerja di salah satu perusahan pertambangan PT Adidaya Tangguh (ADT) serta sosialisasi warga lingkar tambang.

“Kabupaten Pulau Taliabu dipastikan bebas dari ancaman wabah virus corona,” kata Kepala Dinkes Pulau Taliabu, Kuraisia Marasaoly di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Langkah pencegahan atas wabah virus corona terus dilakukan, Dinkes bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perhubungan dan Komisi I DPRD Pulau Taliabu, baru-baru ini melaksanakan inspeksi langsung di PT ADT guna koordinasi terkait pencegahan.

“Langkah dan upaya pencegahan ini dilakukan mengingat Pulau Taliabu termasuk kabupaten yang juga sering dikunjungi oleh Tenaga Kerja Asing dari Cina lewat pintu masuk Luwuk-Taliabu,” jelasnya.

Selanjutya menyangkut kapal yang mengangkut material tambang yang di dalamnya mengangkut 12 Anak Buah Kapal (ABK), Kuraisia mengaku, Tim Kesehatan Pelabuhan dari Provinsi telah mengutus timnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah crew kapal tersebut.

“Yang pasti para crew kapal dari tambang itu tidak turun ke darat meskipun mereka sudah lama bekerja di kapal itu,” terangnya.

Masyarakat diimbau agar tidak panik, terutama menyangkut dengan masalah virus corona tersebut.

“Kami juga saat ini membentuk posko yang tujuannya menerima laporan warga terkait masalah penyakit corona, dan dalam waktu dekat ini Dinkes akan melakukan¬† simulasi pencegahan virus Corona, kami lagi menunggu alat datang langsung kami lakukan simulasi,”tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut