Bawaslu Pulau Taliabu Baru Terima 40 Persen Anggaran Pilkada

  • Whatsapp
Sekretaris Bawaslu Pulau Taliabu, Muhammad Amin Ata Hanafi (Hamsan/KabarMalut)

BOBONG – Anggara hibah daerah untuk Pemelihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020 pada Bawaslu Kabupaten Pulau Taliabu sebesar Rp 6,5 miliar, hingga kini baru diterima sekira 40 persen.

“Kami baru bikin permintaan lagi untuk anggaran sisanya itu, tinggal nanti pemerintah daerah yang menentukan. Yang jelas dari total Rp 6,5 miliar itu baru dicairkan sebesar 40 persen,” ungkap Sekretaris Bawaslu Pulau Taliabu, Muhammad Amin Ata Hanafi ketika dikonfirmasi di ruangan kerjanya, Selasa (14/7/2020).

Muhammad Amin berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Taliabu, agar mematuhi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 54 yang telah diubah menjadi PP 51 tentang Pemelihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dimana dalam PP nomor 54 itu menjalaskan proses pencairan anggaran hibah untuk Pilkada terdapat tiga tahap yaitu, tahap pertama 40 persen tahap kedua 50 persen dan tahap ke tiga 10 persen.

“Tetapi setelah diubah menjadi PP nomor 51, dimana mekanisme pencairan itu hanya ada dua tahap saja, yaitu tahap pertama 40 persen dan tahap kedua 60 persen dan kemudian batas waktu pencairan itu 6 belum sebelum hari H. Jadi seharusnya sudah dicairkan secara keseluruhan karena terakhirnya itu pada tanggal 9 Juli kemarin itu sudah harus selesai,” jelasnya.

Menurut Muhammad Amin, dalam PP tersebut tidak diharuskan ada permintaan dari pihak penerima baru pemerintah mentransfer anggaran tersebut. Dengan begitu, maka Pemda sudah harus mentranfer anggaran untuk Bahwaslu itu pada rekening penyelenggara.

“Ada arahan Mendagri seperti itu, makanya kita menunggu saja karena sisanya itu, sementara sudah dalam tahapan proses,” ungkapnya. (*)

Pos terkait