Sambangi Kabarmalut, Dewan Pers Lakukan Verifikasi Perusahaan Pers

  • Bagikan
Dewan Pers bersama tim redaksi KabarMalut (Foto: Ong/KabarMalut)

TERNATE – Banyaknya media siber yang bermunculan  di Indonesia termasuk Provinsi Maluku Utara, membuat Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terhadap perusahaan pers. Kabarmalut.co.id yang beralamat di Kelurahan Bastiong Talangame, Kecamatan Ternate Selatan, juga disambangi Dewan Pers.

Kedatangan tim Dewan Pers dipimpin langsung Kabag Pengaduan dan Hukum Sekretariat Dewan Pers, Muhammad Furkon dan Wisnu Setiawan yang disambut Pimpinan Redaksi Narjo Usman didampingi Pimpinan Perusahan Agus Suprianto dan karyawan-karyawati.

Sejumlah administrasi kelengkapan media baik akta notaris, slip gaji karyawan sertifikasi pimpinan redaksi serta lainnya dimintai Dewan Pers untuk diverifikasi.  Selain itu, sejumlah pertanyaan juga telah diajukn tim Dewan Pers kepada pimpinan redaksi guna kepentingan verifikasi tersebut dan dilanjutkan penyerahan adminitrasi ke tim Dewan Pers.

“Ini verifikasi lapangan dari Sekretariat Dewan Pers untuk menindaklanjuti Piagam Palembang 2010 itu, maka Dewan Pers melakukan verifikasi lapangan, dimana awalnya kita lakukan verifikasi administrasi dan selanjutnya Dewan Pers lakukan verifikasi lapangan,” kata Muhammad Furkon dalam kunjungan tersebut, Selasa (19/12/2017).

Muhammad Furkon menyebutkan, tiga hal yang menjadi aspek penilaian dalam melakukan verifikasi yaitu keberadaan kantor, penggajian dan asuransi.

“Yang dilihat yaitu apakah kantornya ada apa tidak, penataan administrasi dari perusahaan pers dan perlindungan terhadap wartawan, kemudian soal penggajian dan asuransi,” ungkapnya.

Penyerahan berkas adminitrasi oleh Pimpinan Redaksi Kabarmalut Narjo Usman (kanan) kepada tim Dewan Pers

Menurutnya, syarat perusahaan pers harus memenuhi aspek tersebut dan memiliki standar perusahaan pers. “Harus berbadan hukum  PT yang diharapkan dan taat standar perusahaan pers,” tegasnya.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi kabarmalut.co.id, Narjo Usman mengatakan, meski media ini usianya masih sangat mudah, namun kepercayaan masyarakat Maluku Utara menjadikannya sebagai pedoman pusat informasi cukup tinggi, bahkan viewer mencapai lebih dari 35.000.

“Alhamdulillah meski baru memasuki bulan ke 6 kita aktif, pembaca kita sudah lebih dari 35.000. Itu artinya masyarakat Maluku Utara selalu membaca berita-berita kita,” jelasnya.

Narjo juga mengaku bangga dengan personil yang dimilikinya sekarang, karena memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni sehingga bisa bersaing di dunia jurnalis dalam hal penyampaikan informasi ke publik.

“Ini juga berkat dukungan karyawan-karyawati kami yang bekerja keras sehingga kita bisa dipercayai masyarakat dalam penyampaian informasi,” singkatnya. (Ong)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut