Home » Tutorial » Inilah Beberapa Jenis FUP IndiHome dan Cara Cek Via Mobile

Inilah Beberapa Jenis FUP IndiHome dan Cara Cek Via Mobile

Ida Indriani May 16, 2024

kabarmalut.co.id – Mungkin masih banyak diantara kalian yang berfikir bahwa layanan internet unlimited dari Indihome ini tidak memiliki batasan. Dimana ternyata pada paket unlimited Indihome ini memiliki maksimal batasan penggunaan. Untuk mengetahui besaran kuota FUP, kalian bisa memanfaatkan layanan FUP Indihome.

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan Indihome. Dimana Indihome adalah layanan penyedia internet yang sangat populer dan tentunya memiliki banyak pengguna. Layanan internet ini sering kali digunakan di kantor maupun di rumah. Perlu kalian tahu bahwa layanan internet untuk paket unlimited ternyata mempunyai kebijakan dalam penggunaan internetnya sendiri.

Terdapat beberapa paket internet unlimited Indihome yang memang masih menggunakan kebijakan FUP. Pasti banyak diantara kalian yang menanyakan apa dari arti FUP Indihome dan berapa besar FUP yang di tawarkan oleh layanan Indihome ini. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian bisa simak ulasannya hingga akhir dibawah ini.

Penjelasan Mengenai FUP Indihome

Penjelasan Mengenai FUP Indihome

FUP atau Fair Usage Police sendiri merupakan batas pemakaian yang wajar oleh para penggunana. Dimana batasan tersebut sudah diterapkan di awal pada paket internet unlimited yang ada di Indonesia. Fungsi dari adanya FUP sendiri adalah untuk menurunkan kecepatan internet saat kalian menggunakannya dan sudah melewati batas pemakaian wajar.

Yang mana memang setiap layanan internet di Indonesia, mempunyai kebijakan FUPnya masing-masing. Termasuk juga pada layanan internet unlimited Indihome. Cara kerja dari FUP ini yaitu untuk membatasa kecepatan internet yang pengguna pakai dalam waktu yang sudah diterapkan sebelumnya. Saat kalian melewati batas, maka kecepatan internet akan menurun.

Baca Juga :   Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat Laptop Dan HP

Penting untuk kalian tahu bahwa layanan Indihome mempunyai dua batas FUP terkecuali untuk paket internet kecepatan 100 Mbps. Saat pengguna sudah melewati batas yang wajar, FUP pertama akan diturunkan hingga 25%. Dalam artian kecepatan internetnya maksimal menjadi 75% saja.

Namun, jika pemakaian melewati batas kedua, maka akan langsung diturunkan menjadi 60%. Dimana kalian hanya bisa menggunakan internet dengan kecepatan maksimal 40% saja. Ketentuan FUP Indihome ini berlaku untuk semua pengguna layanan internet Indihome dengan minimal kecepatan 10 Mbps.

Kumpulan Jenis Besarnya FUP Indihome

Kumpulan Jenis Besarnya FUP Indihome

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebijakan FUP layanan internet Indihome berlaku untuk kecepatan minimal 10 Mbps. Dibawah ini kita akan membagikan jenis-jenis besarnya FUP yang dimiliki oleh layanan internet Indihome. Maka dari itu, agar kalian tidak penasaran pantengin terus artikelnya hingga selesai.

Berikut ini adalah jenis-jenis besarnya FUP yang dimiliki oleh layanan Indihome, diantaranya yaitu :

1. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 10 Mbps

Untuk layanan internet Indihome dengan kecepatan 10 Mbps mempunyai batas pemakaian wajar maksimal yaitu 300 GB. Akan tetapi, jika penggunaannya melewati batas wajar, maka kecepatan internetnya akan langsung diturunkan menjadi 75% atau 7.5 Mbps.

Namun, jika kalian menggunakan layanan internetnya mencapai 400 GB, maka kecepatan internet akan menurun drastis mencapai 40% atau 4 Mbps. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat tabel dibawah ini.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
300 GB70% atau 7.5 Mbps
400 GB40% atau 4 Mbps

2. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 20 Mbps

Selanjutnya ada layanan internet Indihome dengan kecepatan internet 20 Mbps. Dimana nantinya kalian akan mendapatkan kuota internet maksimal 500 GB. Namun, jika kuota internet sudah habis dan menggunakan layanannya tidak wajar, maka akan langsung diturunkan kecepatannya menjadi 75% atau 15 Mbps.

Baca Juga :   Cara Download Video Tiktok Lewat Situs & Aplikasi No Watermark

Namun, jika penggunaanya lebih dari 800 GB, maka kecepatan internet yang akan kalian dapatkan adalah 40 % atau 8 Mbps. Bisa langsung melihat tabel dibawah ini agar kalian lebih memahaminya.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
500 GB75% atau 15 Mbps
800 GB40% atau 8 Mbps

3. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 30 Mbps

Jenis layanan internet lainnya yang mungkin kalian gunakan dengan kecepatan 30 Mbps dengan maksimal kuota internet yaitu sebesar 700 GB. Pada layanan kecepatan 30 Mbps ini juga memberikan dua batas FUP, dimana ketika penggunaan lebih dari 700 GB, maka akan langsung diturunkan kecepatannya menjadi 22.5 Mbps atau setara dengan 75% saja.

Akan tetapi, jika kalian menggunakan kuota internet mencapai 1.200 GB, tentunya akan langsung diturunkan hingga 12 Mbps atau 40% saja. Tabel dibawah ini akan menjelaskan lebih detail.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
700 GB75% atau 22.5 Mbps
1.200 GB40% atau 12 Mbps

4. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 40 Mbps

Jenis berikutnya yaitu layanan internet Indihome dengan kecepatan 40 Mbps yang mempunyai batas pemakaian wajar maksimal yaitu 900 GB. Namun, jika penggunaannya melewati batas wajar, maka kecepatan internetnya akan langsung diturunkan menjadi 75% atau 30 Mbps.

Namun, jika kalian menggunakan layanan internetnya mencapai 1.600 GB, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 40% atau 16 Mbps. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat tabel dibawah ini.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
900 GB75% atau 30 Mbps
1.600 GB40% atau 16 Mbps

5. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 50 Mbps

Untuk jenis layanan internet yang sangat cocok digunakan untuk melakukan pengunduhan dokumen ataupun file, kalian bisa gunakan layanan internet dengan kecepatan 50 Mbps. Dimana paket tersebut juga memiliki kebijakan batasan FUP.

Baca Juga :   Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Lewat HP

Jika kalian menggunakan lebih dari 1.200 GB maka kecepatan akan menurun menjadi 75% atau 37.5 Mbps. Dan jika kalian menggunakan internet melebihi 2.000 GB maka akan langsung diturunkan menjadi 20 Mbps atau setara dengan 40% kecepatan internetnya.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
1.200 GB75% atau 37.5 Mbps
2.000 GB40% atau 20 Mbps

6. Jenis FUP Indihome Layanan Internet 100 Mbps

Untuk jenis layanan internet 100 Mbps adalah paket inetnet yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan tidak mudah lemot sangat diakses. Beberapa paket sebelumnya mempunyai dua batasan FUP, namun pada paket internet 100 Mbps ini hanya memiliki satu batasan FUP saja.

Dimana ketika kalian menggunakan internet lebih dari 2.000 GB, maka kecepatan internetnya akan langsung diturunkan menjadi 50% saja atau setara dengan 50 Mbps.

Pemakaian InternetKecepatan Internet > FUP
2.000 GB50% 50 Mbps

Cara Cek FUP Indihome Melalui Perangkat Mobile

Cara Cek FUP Indihome Melalui Perangkat Mobile

Pastinya masih banyak yang belum tahu cara cek FUP Indihome. Dibawah ini kita akan membagikan tutorialnya dan bisa langsung kalian praktekan. Sebelum itu, kalian harus mengunduh aplikasi myIndiHome terlebih dahulu pada Playstore dan Appstore. Berikut ini cara yang harus dilakukan :

  1. Pertama, download aplikasi myIndiHome di toko resmi.
  2. Kemudian, jia belum memiliki akun, kalian harus daftar terlebih dahulu dengan menekan tombol “Register”.
  3. Jika sudah memiliki akun, langsung saja masuk dengan menggunakan nomor pelanggan IndiHome dan kata sandinya.
  4. Setelah berhasil masuk di aplikasinya, langsung saja kalian klik ikon titik 3 yang ada di pojok kanan atas.
  5. Lanjut, kalian pilih opsi “Lihat Penggunaan”. Akan langsung ditampilkan kuota penggunaan Internet yang sudah kalian pakai dalam sebulan.
  6. Kalian bisa langsung mencocokan dengan informasi batas FUP yang sudah diterapkan sebelumnya.

Akhir Kata

Itu saja mungkin yang bisa dijelaskan mengenai FUP IndiHome yang merupakan layanan batasan pada kuota internet. Semoga penjelasan artikel ini mudah dipahami dan bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk melihat artikel lainnya yang menarik dan mungkin dibutuhkan oleh kalian. Terimakasih.