Tunda Hak Pemdes, Pemkab Halbar Dikecam

  • Bagikan
Ketua Apdesi Halbar, Rustam Fabanyo

JAILOLO – Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) mengecam sikap Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), yang mengabaikan pembayaran Penghasilan Tetap (Siltap) dan tunjangan sebagai hak Pemerintah Desa (Pemdes).

“Apdesi sangat kesal dan mengecam sikap Pemkab Halbar, yang selalu lambat mengurus pembayaran Siltap dan tunjangan Pemerintah Desa,” ungkap Ketua Apdesi Halbar, Rustam Fabanyo kepada KabarMalut, di kantor Bupati Halbar, Selasa (23/1/2017).

Lanjut Rustam, hampir setiap bulan berjalan terhitung sejak tahun 2015 sampai tahun 2018 masih tetap sama dan jadi perdebatan atas waktu pembayaran yang tidak pernah pasti.

“Ini disengaja, buktinya sampai tanggal 23 Januari 2018 belum juga realisasi, dan rata-rata Bendahara Desa saat berurusan terkait hak tersebut menghadapi kendala tidak pasti,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Halbar tidak punya niat baik dalam menyikapi masalah tersebut, karena praktek seperti sudah sejak lama yang tidak ada kejelasan sama sekali.

“Malah menjadi masalah secara terus nenerus,” cetusnya.

Untuk itu, Rustam menegaskan, Apdesi Halbar berkomitmen, apabila sampai 25 Januari 2018 belum realisasi Siltap dan tunjangan Pemdes. Maka akan kembali bersama seluruh Kades mendatangi Instansi terkait meminta kejelasan pasti.

“Kami Apdesi dengan seluruh Kades dan perangkat desa akan datangi instansi terkait untuk pertanyakan kejelasannya,” ancamnya. (Ssd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut