Bupati Halteng Janji Perbaiki Layanan Air Bersih

  • Bagikan
Masa aksi melakukan hering dengan Bupati Halteng

WEDA – Seusai menerima masa aksi Ikatan Pemuda dan Mahasiswa (IPMA) Were di ruang rapat Bupati Halmahera Tengah (Halteng) lantai II, untuk membahas  permasalahan air bersih di Kota Weda. Bupati Halteng Edy Langkara melalui humas dan protokoler, menyampaikan  akan terus memonitor kendala-kendala yang ada di lapangan.

“Saya akan menugaskan instansi terkait yaitu Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk penyelesaian masalah ini demi kelancaran pelayanan air kepada masyarakat, baik dari aspek menagemen, keuangan dan teknis pengelolaan air bersih,” janji Bupati Edi langkara, Rabu (31/1/2018).

Bupati juga mengungkapkan bahwa permasalah di daerah ini bukan hanya air yang dihadapi PDAM, tetapi juga listrik, pendidikan, kesehatan dan lainnya, terus dipantau apa yang menjadi kendala di lapangan.

Terkait masalah air, Bupati telah mengeluarkan edaran dengan Nomor 640/0138 tahun 2018, disampaikan kepada pelanggan air minum di wilayah Weda yang dilaksanakan oleh UPT SPAM Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Halteng.

“Bahwa pemerintah daerah menjamin hak rakyat atas askes terhadap pelayanan air bersih dan terpenuhinya kebutuhan pokok air minum sehari-hari bagi masyarakat,” ungkapnya.

Meski demikan, Pemkab Halteng juga meminta kepada masyarkat agar taat pada peraturan,  merujuk pada peraturan pemerintah nomor 122 tahun 2015 tentang SPAM yang mengisyaratkan bahwa dalam pelaksanaan penyelenggaraan SPAM, UPT berhak melakukan pemutusan sambungan secara langsung dan sepihak kepada pelanggan, sampai tindakan gugat ke pengadilan. Apa bila diketahui kedepan ada pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggan seperti merusak sarana SPAM dan menyedot air dari saluran SPAM yang menyebabkan kerugian bagi daerah. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut