Gelar Pencoklitan, PPDP Temukan Banyak Warga Kepsul Tidak Memiliki KK

  • Bagikan
Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba

SANANA – Pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit)  oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Kepulauan Sula (Kepsul) yang dilakukan dua minggu terakhir, menemukan warga 78 Desa di Kepsul yang tidak memiliki Kartu Keluarga (KK).

Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba mengaku,  kegiatan Pencoklitan oleh PPDP melaporkan bahwa banyak sekali warga Kepsul tidak memiliki KK yang ditemukan di 78 desa.

“Kami menemukan adanya perubahan data  kependudukan serta banyak warga yang tersebar di semua desa belum memiliki KK,” kata Bustamin kepada wartawan, Jumat (9/2/2018).

Selain menemukan warga tidak memiliki KK, PPDP juga menemukan terjadinya perubahan data kependudukan. Dimana orang yang tinggal di suatu desa, namun administrasi kependudukannya seperti KTP tidak beralamatkan desa yang ditempati.

“Hal ini bagi KPU sangat berpengaruh terhadap pemberian hak politik dalam momentum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara,” terangnya.

Olehnya itu, KPU Kepsul berjanji akan melakukan Pleno dengan menghadirkan Dukcapil Kepsul untuk disodorkan terkait temuan di lapangan yang behubungan dengan  identitas kependudukan warga.

“Kami akan merekap data dari desa hingga kecamatan untuk diplenokan dan kami akan mengundang Dukcapil untuk merekomendasikan temuan terkait kependudukan,” tegasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut