Panwaslu Ajak Warga Hindari Politik Uang dan Politisasi Sara

  • Bagikan
Deklarasi tolak dan lawan politik uang, serta politisasi sara (Foto: Saiful Safrudin)

JAILOLO – Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mendeklarasikan tolak dan lawan politik uang, serta politisasi sara pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018.

Kegiatan tersebut,  berlangsung di lapangan Sasadu Desa Acango, Kecamatan Jailolo, Rabu (14/2/2018). Dengan tema, “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegahkan Keadilan Pemilu”.

Ketua Panwaslu Kabupaten Halmahera Barat, Aknosius Datang mengatakan, pada intinya, agenda Panwas ini dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. Dengan begitu, ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat menanamkan betul dalam sanubari terkait melawan pelanggaran pemilu di Kabupaten Halmahera Barat.

“Harapan kami agar pemilu di Kabupaten Halbar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Sementara Kordif Hukum dan Penindakan Panwaslu Halbar, Miftahudin Yusuf dalam pembacaan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang Serta Politisasi Sara.

Yang pertama, dapat mengawal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dari politik uang dan sara karena merupakan ancaman besar buat demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Kedua, tidak menggunakan politik uang dan sara sebagai sarana dan mencari simpati pimilih karena mencederai intregritas kedaulatan rakyat. Ketiga, mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan politik uang dan sara.

Keempat, mendukung kerja – kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan sara yang dilakukan oleh lembaga dan pengawasan Pemilu. Serta yang kelima,tidak akan melakukan intimidasi,kekerasan atau aktifitas dalam bentuk apapun juga yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran politik uang dan sara.

Selanjutnya, dirangkaikan dengan penandatanganan tolak dan lawan politik uang, serta politisasi sara.

Setelah dari kegiatan tersebut, juga dirangkaikan dengan senam sumba dilanjutkan Pengundian Doorprize.

Sekedar diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PKK kabupaten Halbar Joula A Missy, Ketua KPU Halbar Abjan Radja, Wakapolres Halbar Kompol Latuwo, Camat Jailolo Muchil H Arif, dari pihak Kesultanan Jailolo Awat Lolori. (ags)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut