Inspektorat Telesuri Pembangun 10 Unit Rumah di Desa Saramake yang Tak Kunjung Selesai

  • Bagikan
Sekretaris Inspektorat Haltim, Rusdi Hasanuddin

MABA- Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur, mulai menelusuri adanya program pembangunan rumah bagi masyarakat kurang mampu di Desa Saramake, Kecamatan Wasile Selatan Haltim, sebanyak 10 unit, yang bersumber dari Alokasi Dana Desa, Tahun Anggaran 2016 lalu, yang hingga sampai saat ini belum diselesaikan.

Sekretaris Inspektorat Haltim, Rusdi Hasanuddin, mengaku, pihaknya  telah menindaklanjuti keluhan warga Saramake, serta menurunkan tim ke lapangan, guna memastikan kebenaran program pembangunan rumah tersebut.

“Inspektorat sudah menindak lanjuti terkait pembangunan 10 unit di desa Saramake, tetapi tim tidak bertemu dengan Kades serta staf desanya,” katanya kepada KabarMalut, Selasa (13/3/2018).

Namun, lanjutnya saat  tim turun dilapangan tidak adanya keberadaan kepala desa dan stafnya. Maka pihaknya pun belum melakukan tindakkan pemeriksaan sampai denga hari ini, sementara masalah ini sudah terekspos di media beberapa hari lalu.

“Tim yang turun itu belum sempat ketemua dengan kades, sehingga  belum bisa melakukan pemeriksaa. Setelah ini tim akan turun lagi baru kita memberikan penjelasan lebih lanjut. Karena setiap pembangunan di desa dibantau langsung oleh masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, informasi yang dihinpun, pembanguan 10 unit rumah di tahun anggaran 2016,  hingga memasuki tahun anggaran 2018. Pemerintah Desa setempat baru meralisasikan sebanyak 4 unit, sehingga tokoh masyarakat setempat memdesak Pemerintah Kabupaten dalam hal ini, Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, karena diduga program pembangunan rumah bermasalah. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut