Bagi-Bagi Uang Saat Jemput Bur-Jadi, Oknum ASN Dibidik Panwaslu

  • Bagikan
Ketua Panwaslu Halteng, Munawar Wahid

WEDA – Keterlibatan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam politik praktis kembali terjadi di Halmahera Tengah (Halteng). Salah satu ASN berinisial JJ, diduga ikut mengarahkan massa untuk menjemput calon gubernur dan wakil gubernur Malut, Burhan Abdurrahman-Ishak Jamaludin (Bur-Jadi).

Ketua Panwaslu Halteng, Munawar Wahid mengatakan,  ASN yang bertugas di Badan Pengelola Perbatasan Pemkab Halteng, diduga membagi-bagikan uang kepada masyarakat Desa Tepelo Kecamatan Patani Utara, untuk menjemput Bur-Jadi ketika hendak berkampanye.

“Oknum ASN  tersebut membagikan uang kepada masyarakat agar supaya penjemputan calon wakil gubernur Malut  yang akan mengelar kampanye pada tanggal 16 Maret 2018 di Desa Tepeleo agar berjalan mulus,” kata Munwar kepada KabarMalut di ruang kerjanya, Senin (19/3/2018).

Menurutnya, untuk mengusut kasus ini, pihaknya bersama Panwas Kecamatan (Panwascam) telah memintai klarifikasi terhadap saksi pelapor serta mengamankan barang bukti berupa uang tunai yang diduga dibagikan JJ.

“Saksi pelapor pada Sabtu 17 Maret 2018 sudah diperiksa Panwaslu dan Panwascam Patani Timur, serta barang bukti uang sebesar 500 ribu rupiah disita,” jelasnya.

Selain itu, pihak Gakumdu sudah mengadakan rapat untuk menindak lanjuti proses selanjutnya. Panwaslu Halteng sendiri mejadwalkan dalam waktu akan memanggil oknum ASN tersebut untuk dimintai klarifikasi.

“Oknum ASN berinisil JJ diduga telah melanggar Undang-Undang ASN tentang keterlibatan berpolitik praktis. Karena secara langsung mendukung salah satu kandidat yakni Bur-Jadi dan pelanggaran yang dilakukannya merupakan pelanggaran berat,” pungkasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut