Kampanye Melebihi Waktu, Tim Bur-Jadi dan Panwaslu Nyaris Adu Jotos

  • Bagikan
Tim kampanye Bur-Jadi berdebat dengan Panwaslu

SANANA – Kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur  Malut, Burhan Abdurrahman dan  Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) di Kepulauan Sula (Kepsul) tepatnya di Desa Falahu, Kecamatan Sanana, berujung protes Panwaslu setempat, karena tidak ikut ketentuan waktu.

Kampanye yang dimulai pukul 15.30 WIT itu, ditentukan batas waktunya pada pukul 16.30 WIT sebagaimana jadwal yang diterima Panwaslu. Namun pasangan nomor urut 2 ini menggunakan waktu hingga batas ketentuan.

Panwaslu yang sudah berkoordinasi dan akhirnya memberi kesempatan dengan sandaran PKPU yaitu dengan batas waktu pukul 18.00 WIT. Namun kesempatan yang diberikan, disalah gunakan tim kampanye Bur-Jadi hingga pukul 18.30 WIT.

Salah satu Komisioner Panwaslu Kepsul, Ajuan Umasugi yang mencoba berkoordinasi lagi dengan tim kampanye terkesan tidak dihargai. Pasalnya salah satu anggota tim kampanye dari Partai Demokrat Malut langsung mengeluarkan kata-kata kasar kepada Panwaslu, bahkan meminta Panwaslu segera melaporkan dirinya ke Bawaslu Provinsi sembari menunjuk-nunjuk dadanya.

“Kalau ngoni (kalian) mau lapor, lapor saya ke Bawaslu, saya tidak takut,” teriak Kader demokrat Salah satu tim kampanye paslon nomor 2 itu di hadapan Panwaslu dan Panwascam Sanana.

Teguran Panwaslu ini nyaris terjadi ado jotos, namun cepat dilerai sehingga tidak berkepanjangan.

Ketua Panwaslu Kepsul, Iwan Duwila berjanji akan segera melayangkan surat teguran kepada tim kampanye Bur-Jadi untuk dimintai klarifikasi atas persoalan tersebut.

“Kami sudah melakukan koordinasi berulang-ulang kali, sebagai bentuk bahwa kami tidak serta merta melakukan tindakan di lapangan. Namun usaha kami tidak dihargai tim kampanye nomor 2, maka kami akan segera melayangkan surat teguran kepada tim kampanye,” kata Iwan kepada KabarMalut, Selasa  (20/3/2018).

Meskipun besok masih ada kampanye, Panwaslu berharap harus ada tim kampanye yang menghadap Panwaslu terkait surat yang akan segera mereka layangkan.

“Surat akan kami layangkan sebentar malam, jadi kami minta ada yang harus menghadap, dan sebagiannya lagi silahkan kampanye,” tutup Iwan. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut