Cegah Genangan Air di Bobong, PUPR Bakal Bangun Riol

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Pulau Taliabu, Rukmini Ipa

BOBONG- Antisipasi genangan air yang sering kali terjadi di Kota Bobong saat hujan deras, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Pulau Taliabu, merencanakan segara membangun riol.

Kepala Dinas PUPR Pulau Taliabu, Rukmini Ipa mengatakan masalah genagan air dan langkah pencegahannya, pihak telah membangun saluran primer di Kota Bobong. Selanjutnya dibangun roil untuk disalurkan genangan air ke laut.

“Saluran primer yang sudah dibangun sepanjang 500 meter. Saluran tersebut dibangun di Dusun Kebun Janda, menuju Dusun Fangahu Desa Bobong. Mentok batasan saluran terbuka, akan dibangun riol (saluran bawah tanah) untuk saluran pembuangan genangan air ke laut,” kata Rukmini kepada KabarMalut, Jumat (13/7/2018).

Menurutnya,  Kota Bobong adalah salah satu daerah yang berada di bawah permukaan air laut, sehingga riol yang akan dibangun nanti, pintu pembuangannya sama dengan permukaan air laut.

“Jadi untuk mensiasati kondisi geografis Kota Bobong yang berada di bawah permukaan air laut ini, dibangunlah riol dan pada pembuangannya, nanti dibuat pintu. Sehingga terjadinyan pasang pada air laut, pintunya akan ditutup, kemudian menggunakan pompa untuk membuang air ke laut,” pungkasnya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut