Bea Cukai Ternate Ekspor Ikan Tuna ke Jepang

  • Bagikan
Kasi Penindakan dan Penyidika Bea dan Cukai Ternate, Rusdianto saat diwawancarai sejumlah wartawan di Bandara Babullah Ternate, Jumat (27/7/2018)

TERNATE – Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Kota Ternate kembali melakukan ekspor komoditi ke luar negeri, kali ini tuna sirip kuning segar dikirim ke Osaka, Jepang sebagai negar tujuan.

Sebanyak 511.8 kilo gram (KG) daging ikan tuna yang sudah dipotong filet dan dalam keadaan beku untuk dijadikan sashimi siap dikirim ke Negeri Sakura tersebut. Pengiriman melalui bandara udara Sultan Babullah Ternate dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Jumat (27/7/2018).

Ikan yang diambil yakni jenis tuna sirip kuning segar atau fresh yellow fin tuna lion, karena mengandung banyak protein dan vitamin.

Kasi Penindakan dan Penyidikan, Bea dan Cukai Kota Ternate, Rusdianto mengutarakan bahwa ikan tuna bisa menjadi komoditas ekspor unggulan yang ada di Maluku Utara. Ia melihat potensi yang ada sehingga dapat memenuhi permintaan pasar internasional.

Rusdi menambahkan melalui kegiatan ini potensi SDM Maluku utara baik sektor perikanan maupun sektor lainnya dapat lebih maksimal untuk pengembangan industri daerah yang pastinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Malut nantinya.

“Saya berharap ini akan berimbas pada multiplayer effect berupa peningkatan potensi pendapatan daerah dan membuka lapangan kerja baru di daerah wilayah Ternate dan sekitarnya bahkan Provinsi Maluku Utara pada umumnya,” harapnya.

Turut hadir pada ekspor tersebut yang sekaligus berperan serta dalam kegiatan ini antara lain PT Garuda Indonesia Perwakilan Malut, Bank Indonesia Perwakilan Malut, Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Malut, BKIPM atau Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Ikan Kelas I Ternate, UP Bandar Babullah ternate, Pemprov Malut dan Pemkot Ternate. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut