Hadapi Akreditasi Puskesmas, Dinas Kesehatan Morotai Gelar Workshop

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Victor Palimbong saat menyampaikan Sambutan Pembukaan

DARUBA – Menghadapi pelaksanaan Akreditasi Puskesmas oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2018,  Dinas Kesehatan Pulau Morotai melaksanaan workshop pelaksanaan audit internal, tinjauan manajemen dan workshop keselamatan pasien. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Victor Palimbong di aula Hotel Perdana, Sabtu (28/7/2018).

Dalam sambutannya, Victor Palimbong mengatakan di Kabupaten Pulau Morotai terdapat tiga Puskesmas yang akan dipersiapkan untuk akreditasi tahun 2018 yakni, Puskesmas Wayabula Kecamatan Morotai Selatan Barat, Puskesmas Daruba Kecamatan  Morotai Selatan, Puskesmas Sangowo Kecamatan Morotai Timur. Kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan Puskesmas dan bahan acuan bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang di tetapkan oleh Kemenkes dalam menghadapi Akreditasi.

“Saya yakni 3 Puskesmas ini bisa melewati pelaksanaan Akreditasi dan mendapatkan hasil yang memuaskan,  tinggal komitmen dan integritas yang tinggi dari Kepala Puskesmas dan semua tim yang ada di Puskesmas untuk mempunyai keinginan yang kuat untuk melaksanakan Akreditasi ini. Sebab saya sebagai kepala dinas mendukung 100 pesen,” kata Victor.

Suasana Workshop Pelaksanaan Audit Internal, Tinjauan Manajemen dan Workshop Keselamatan Pasien, yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Morotai

Menurutnya, audit internal puskesmas salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas berjalan baik. Karena melalui kegiatan ini, akan dapat diidentifikasi kesenjangan kinerja yang menjadi masukan untuk melakukan perbaikan penyempurnaan baik pada sistem pelayanan maupun manajemen.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini yakni 7 Puskesmas  yang ada di Kabupaten Pulau Morotai diantarnya Puskesmas Daruba, Wayabula, Sangowo, Tilei, Bere-Bere, Sopi dan Puskesmas Posi-Posi,” cetusnya.

Tim Pendamping Akreditasi FKTP, dr Winston I Kanan diketika dikonfirmasi mengaku,  pelaksanaan Akreditasi Puskesmas di Maluku Utara sudah berlangsung sejak tahun2015. Namun khusus Kabupaten Pulau Morotai, dijadwalkan dilakukan tahun ini.

“Kami sudah sangat siap untuk menghadapi akreditasi ini dengan kesiapan administrasi management dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat, dalam penilaian ada 9 elemen 120 kriteria dan SOP yang harus disiapkan,” dr Winston.

Adapun Narasumber dari Provinsi yaitu dr Rosita Alkatiri, Chalid Abd. Halek SKM, Sunarto Ismail, dan pendamping dari Kabupaten  Mulyani Abdullah, Jamaludin dan dr Winston I Kanan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut