Menpora Canangkan GOR Halmahera di Halteng

  • Bagikan
Penekanan tombol secara simbolis dimulai Pencanangan Pertama Pembangunan GOR Halmahera oleh Menpora, Imam Nahrawi, didamping Bupati Edi Langkara, Wakil Bupati Rahim Ode Yani, Kapolres Halteng, Dandim Tidore dan Kajari Weda.

WEDA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora ) Imam Nahrawi, melakukan pencanangan pertama pembangunan  Gelanggang Olahraga (GOR) Halmahera yang dipusatkan di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Halteng atas komitmen jangka panjang untuk terus melakukan pengembangan dan pembangunan terhadap olahraga Indonesia. Olahraga pada hakikatnya, merupakan miniatur kehidupan karena didalam aktifitas olahraga terkandung banyak nilai.

“Disamping orang yang melakukan kegiatan olahraga, memiliki tujuan seperti kesehatan, kesenangan dan pengisi waktu luang. Secara universal dalam olahraga melekat nilai nilai perjuangan, kepeloporan, kerjasama dan persaingan,” kata Imam dalam sambutanya, Senin (10/9/2018).

Imam berterima kasih kepada Pemda Halteng yang telah mendukung program Kemenpora dalam kegiatan peningkatan standardisasi dan mampu sehingga dapat menjadi stimulus untuk sarana dan prasarana olahraga yang ada di daerah. Diharapkan kelak, lanjut Imam, akan lahir bibit baru atlet yang mampu bersaing di ajang olahraga nasional maupun internasional dan menjadi kebanggaan Pemda Halteng dengan memiliki atlet binaan asli dari daerah sendiri.

“Akhir kata saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemda Halteng atas dukungan dalam membina, membangun dan meningkatkan olahraga di Indonesia. Semoga pembangunan GOR Halteng berjalan sukses,” pungkasnya.

Bupati Halteng, Edi Langkara mengaku Halteng punya potensi dan bibit-bibit olahragawan yang mampu namun belum maksimal peningkatan prestasinya, karena penyediaan fasilitas olahraga masih minim. Fasilitas yang ada di Malut saat ini, adalah fasilitas yang dibangun sejak zaman Provinsi Irian Barat, masa Orde Baru dengan standar yang biasa-biasa saja dan tidak terlihat peningkatannya.

“Jangan heran jika dalam sejumlah event olahraga pasti berakhir dengan penerimaan piala dan benjol di kepala. Untuk itulah kami terobsesi membangun fasilitas yang tidak hanya digunakan sebagai sarana olahraga, tetapi juga sebagai wahana interaksi antar sesama warga masyarakat untuk meminimalisir konflik, event olahraga termasuk mewujudkan penguatan mental spiritual masyarakat,” kata Edi di hadapan Menpora.

Menpora, Imam Nahrawi tandatangan prasasti Pencanangan Pertama Pembangunan GOR Halmahera yang disaksikan Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Halteng, Abdurahim Ode Yani.

Membangun sarana dan prasarana olahraga yang memadai, sebut Edi, merupaka kewajiban pemerintah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 3 Ttahun 2005 tentang Sistim Keolahragaan Nasional, bahwa Pemerintah dan Pemda menjamin ketersediaan prasarana olahraga sesuai dengan  standar dan kebutuhan.

“Implementasi cita-cita dasar kami serta kewajiban Undang-undang inilah Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah akan membangun sebuah Gelanggang Olah Raga (GOR) terpadu dengan berorientasi pada tiga koridor yaitu sebagai pusat olahraga pendidikan, pusat olahraga prestasi dan pusat olahraga rekreasi atau kami sebut dengan kawasan sportainment atau kolaborasi antara sport and entertainment dalam satu kawasan terpadu,” jelasnya.

Edi menambahkan, pembangunan GOR yang terpadu dan lengkap dalam sebuah kawasan di daerah meupakan cita-cita dan obsesi  yang lahir dari pandangan pribadi Pemda, bahwa sesungguhnya olahraga adalah shame of mind dari suatu proses panjang pembangunan sebuah bangsa.

“Olahraga pada dasarnya sebuah aktivitas yang membangkitkan enemy of Insanity atau energi kemanusiaan kita untuk bangkit sebagai bangsa yang kuat dan tangguh,” cetusnya. (PN/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut