AGMAK Desak Tangkap Kadikjar Malut

  • Bagikan
Massa aksi dari AGMAK Malut desak tangkap Kadikjar Imran Yakub di depan kantor Kejati Malut

TERNATE – Sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (AGMAK) Maluku Utara (Malut) menggelar aksi unjuk rasa mendesak Kejakasaan Tinggi (Kejati) segera menagkap Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Kadikjar) Malut Imran Yakub, atas dugaan korupsi pengdaan alat praktek SMK tahun 2017.

Koordinator Lapangan (Korlap), Juslan J Hi Latif mengatakan, pengadaan empat paket peralatan praktek SMK mengandung unsure korupsi yang diduga disalahgunakan oleh Kadikjar Imaran Yakub sehingga menimbulkan kerugian keuangan daerah. Maka Kejati sebagai aparat yang berwenang harus segera menyelidiki kasus ini dan menangkap Kadikjar untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya.

“Pemerintah Provinsi Malut patut dievaluasi secara serius, diantaranya empat paket pengadaan peralatan praktek SMK milik Dikjar yang menjadi temuan audit BPK senilai Rp 2,4 miliar tahun angaran 2017,” kata Juslan dalam orasinya di depan Kantor Kejati Malut, Kamis (27/9/2018).

Juslan menunturkan selain Dikjar, temuan BPK juga terdapat di Perusahan Daerah (Perusda) Kie Raha Mandiri Rp 2 miliar dan Samsat Kota Tidore Kepulauan (Tikep) senialai Rp 278 juta yang tidak disetor ke kas daerah. Semua temuan itu, tidak dapat dipertanggung jawabkan.

“Kami mendesak Kejati dan Polda Malut melalui Ditreskrimsus segara melakukan pemangilan dan pemeriksaan terhadap Kadikjar Imran Yakub untuk dimintai keterangan atas temuan audit BPK Malut ini,” tegasnya.

Waktu yang diberikan BPK untuk perbaikan atau pengembalian dugaan kerugian telah melewati batas yakni selema 60 hari. Tetapi Dikjar tidak mampu mempetanggung jawabkan temuan BPK dan aparat penegak hukum telah memiliki kewenangan mengusut kasus ini.

“Apabila tuntutan ini tidak diakomodir dan ditindak lanjuti, maka kami akan menggalang kekuatan massa yang lebih besar untuk menciptakan mosi ketidakpercayaan rakyat terhadap lembaga hukum Polda dan Kejati Malut,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut