Bea Cukai Ternate Komitmen 2019 Tingkatkan Pelayanan

  • Bagikan
Kepala Bea dan Cukai Ternate, Musafak

TERNATE – Sesuai araha Presiden Joko Widodo untuk mendukung keuangan negara yang sehat, adil dan mandiri, Bea cukai Ternate terus memberikan palayanan maksimal kepada para pelaku usaha dan masyarakat Maluku Utara (Malut). Pada Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2019, Bea Cukai terus meningkatkan komitmen dalam pelayanan.

Kepala Bea Cukai Ternate, Musafak menyebutkan untuk strategi 2019 nanti, Bea Cukai akan lebih fokus pada bea masuk, sehingga bea masuk dan keluat nantinya bisa balance. Untuk bea masuk sendiri, belum serta merta sesuai target, sehingga terus melalukan pengecekan secara detail pada potensi bea masuk.

“Untuk saat ini bea masuk belum terlalu signifikan, karena mungkin dari segi kesalahan pada pelayanan, atau nilai pabean yang tidak properti yang harus dipastikan benar,” ungkap Musafak kepada KabarMalut, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, pada RAPBN 2019 Bea Cukai Ternate juga sudah mengajukan untuk pembuatan Mini Lab (Laboraturium) di KPPBC Ternate. Namun usulan tersebut belum mendapat respon dari Dirjen Bea dan Cukai.

“Mini lab sendiri bertujuan untuk pengujian hasil ekspor,” jelasnya.

Selama ini Bea dan Cukai Ternate masih menggunakan jasa surveyor yang ditunjuk oleh Departemen Perdagangan RI untuk mengawal atau pemeriksaan kadar atau hasil yang dimiliki oleh pengekspor.

Diharapkan pada tiga bulan terakhir tahun 2018 ini, bea masuk bisa capai target dan bea cukai akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Malut, mengingat pertumbuhan perekonomian di Malut dengan presentase 44 sampai 46 persen masih berkecimpung di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut