Polda Imbau Masyarakat Tidak Bagikan Berita Hoax di Medsos

  • Bagikan
Kaur Penum Bidang Humas Polda Malut, AKP Hefrizon

TERNATE – Polda Maluku Utara  (Malut) mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Malut agar tidak membagikan informasi tidak jelas atau berita hoax yang saat ini beredar luas di Media Sosial (Medsos).

Kaur Penum Bidang Humas Polda Malut, AKP Hefrizon mengaku pihaknya sering mendapatkan informasi yang tidak jelas beredar di Medsos. Jika masyarakat mendapatkan infomasi tersebut, harus lebih dulu mengetahui kebenaranya sebelum di sharing ke Medsos.

“Beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk melawan berita hoax yang beredar di kalangan masyarakat yang dikenal dengan istilah 4C yaitu Cari, Cermati, Cek dan Cepat,” kata Hefrizon kepada KabarMalut, Jumat (26/10/2018).

Dia juga menambahkan, cari perbandingan berita pada sumber yang dapat dipercaya atau sumber yang sudah mengeluarkan klarifikasi. Cermati kesinambungan judul dengan isi berita, apakah penggunaan bahasanya etis atau tidak.

“Cek sumber berita kemudian tanggal berita dan cek keaslian foto. Dan yang terakhir adalah cepat beritahu fakta-fakta kepada keluarga atau teman bahwa berita tersebut adalah berita hoax alias bohong,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut