TP4D Kejari Morotai Kawal Empat Proyek Kemenhub

  • Bagikan
Kantor Kejari Pulau Morotai

DARUBA – Tim Pendamping, Pengawalan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Morotai, telah mengawal empat item kegiatan pengadaan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Empat kegiatan itu, arahan langsung dari Kemanterian Perhubungan (Kemenhub) sejak  April lalu.

Kasi Intel  Kejari Pulau Morotai, Asep Ridha Subekti mengatakan, empat proyek dimaksud terdiri dari  pelebaran runwei, pengaspalan jalan PKP-PK, pengadaan alat X-Ray dan pengadaan dua unit mobil PKP-PK.

“Ada dua proyek yang sudah selesai 100 persen yaitu, pelebaran ranwei dan pengaspalan jalan,” kata Asep saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat  (26/10/2018).

Asep menjelaskan, tugas  dari TP4D yakni wewenangnya  melakukan pendampingan dan pengawalan selama kegiatan Pemerintah dilaksanakan. Sebelum pendatanganan kontrak dengan pihak terkait,  TP4D tentunya menelaah kembali dengan tujuan untuk  memastikan jika tidak ada kesalahan dalam kegiatan.

“Jadi kami harus lihat kembali kalau tidak ada kesalahan maka kami kawal,” ujarnya.

Asep menegaskan, sesuai fungsi TP4D melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap pengguna anggaran kegiatan. Hasil yang diharapkan adalah pelaksanaan kegaiatan sesuai dengan koridor, demi peningkatan pembaangunan di Kabupaten Pulau Morotai.

“Pengawalan dan pengamanan di sini lebih kepada bentuk arahan agar penggunaan aanggaran sesuai ketentuan yang berlaku,” sebutnya.

Meski bersifat pengawalan, TP4D tetap akan bertindak sebagai upaya penegakkan hukum jika ternyata menemukan indikasi pelanggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, karena sesuai Undang-Undang nomor 23 tahun 2014. Selain melaksanakan pendampingan sebagai tugas pokok. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut