Berindikasi Dendam Politik, DPMD Halbar Tunda Pilkades Sidangoli Gam

  • Bagikan
Sekertaris DPMD Halbar, Fakar Lila

JAILOLO – Rencana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sidangoli Gam yang dijawalkan akan berlangsung 7 November 2018 mendatang, akhirnya urung dilakukan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Barat (Halbar) menunda Pilkades Sidangoli Gam hingga waktu yang berlum ditentukan.

Sekertaris DPMD Halbar, Fakar Lila mengaku penundaan dilakukan karena Panitai Pilkades di tingkat desa tidak pernah berkoordinasi dengan Panitia Pilakdes tingkat kabupaten selaku penyelenggara. Koordinasi dimaksud untuk membahas kesiapan serta pelaksanaan Pilkades agar berjalan sesuai mekanisme.

“Sejauh ini panitia desa tidak pernah berkoordinasi dengan panitia yang ada di kabupaten dalam hal ini DPMD Halbar sebagai penyelenggara Pilkades Sidangoli Gam. Padahal kami sudah dua kali melayangkan surat kepada panitia desa untuk gelar rapat, namun tidak ada tanggapan,” kata Fakar kepada KabarMalut, Minggu (28/10/2018).

Bahkan ada indikasi dendam politik, sehingga Panitai tingkat desa menggugurkan salah satu calon yang memenuhi syarat pencalonan. Tim Panitia Kabupaten sendiri pernah turun ke lapangan untuk mengecek ijazah para kandidat yang melibatkan instansi terkait, namun hal ini tidak membuahkan hasil.

“Panitia Desa menggugurkan salah satu calon kandidat  yang berkas administasi sudah sesuai persyaratan, sehingga panitia kabupaten memfasilitasi penyelesaian, namun belum  mendapatkan kesepahaman,” jelasnya.

Menurutnya calon yang didiskualikasi Pantia Desa merupakan Kades aktif yakni Usman Gani yang tercatat memimpin Sidangoli Gam selama dua periode terakhir. Usman didiskualifikasi oleh Panitia Desa diketuai Sofyan Abas, yang tak lain merupakan rivalnya Usman saat Pilkades sebelumnya.

“Sofyan Abas diketahui pernah menjadi rival petahana Usman Gani pada Pilkades lalu, kami duga ini ada kaitannya dengan pencalonan Sofyan Abas pada Pileg 2019 mendatang. Ini merupakan sesuatu yang mengganjal karena ada indikasi memainkan peran untuk kepentingan pribadi salah satu panitia dalam hal ini Sofyan Abas sebagai Ketua Panitia Desa,” tegas Fakar yang juga sebagai Ketua Panitia Pilkades Kabupaten ini.

Panitia kabupaten sendiri telah berupaya untuk mediasi dengan panitia desa agar mengakomudir Usman karena memenuhi syarat, namun dianggap mengintervensi. Karena tidak membuahkan hasil, Panitia Pilkades Kabupaten memutuskan menundak Pilkades Sidangoli Gam.

“Karena tidak ada hasil, sehingga panitia kabupaten menunda sementara Pilkades Sidangoli Gam. Keputusan penundaan dilakukan setelah panitia kabupaten melakukan rapat,” tutup Fakar. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut