Soal Dugaan Penghinaan, Istri Wakil Bupati Morotai Angkat Bicara

  • Bagikan
Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP Pulau Morotai (foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Istri Wakil Bupati Pulau Morotai, Rosita Lasidji angkat bicara soal dugaan penghinaan yang dilakukan Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pulau Morotai, Sofia Doa terhadap dirinya.

Rosita Lasidji yang juga sebagai Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP itu mengaku, persoalan ini bermula ketika dirinya memuat laporan data rekapan investasi Perusahan Terbatas (PT) di Pulau Morotai, yang hendak disampaikan ke Bappeda. Sebelum ke Bappeda, laporan tersebut dimasukkan ke Kepala DPMPTSP Sofia Doa selaku pimpinan untuk mengkroscek terlebih dahulu, namun ditolak Sofia dengan alasan harus melapirkan laporan asri dari perusahan.

“Setelah saya rekap, saya suru staf masukkan data itu di ibu Kadis (Sofia Doa), setelah diajukan dia (Kadis) menolak dengan alasan harus lampirkan dengan pelaporan yang asli yang dari PT. Kemudian saya sampaikan bahwa yang diminta itu hanya rekapanya, kalau misalkan dia pikir bahwa saya ini tidak punya data akurat, itu salah,” ungkap Rosita ditemui KabarMalut di kediamannya, Jumat (21/12/2018).

Sebagai staf, Rosita mengaku menindaklanjut permintaan Kadis Sofia dengan melampirkan laporan asli perusahan dan kembali diajukan ke Kadis. Selanjutnya, kembali diserahkan ke Kadis, hanya saja Kadis sebelum mengkroscek, sudah marah-marah dan sembat pengeluarkan pernyataan yang mengarah pada penghinaan secara pribadi.

“Karena  saya juga  memiliki data lengkap, lalu saya lampirkan sesuai permintaan Kadis. Setelah laporan diserahkan tanpa mengecek langsung Kadis Sofia marah-marah dan mengeluarkan kata-kata yang kurang mengenakan. ‘Ibu Wakil Bupati itu nanti di rumah, kalau di kantor ibu adalah pegawai’,”  ungkap Rosita sambil mengutip perkataan Kadis Sofia.

Rosita menilai selama ini pimpinanya tidak pernah berinisiatif melakukan pembinaan terhadap staf. Kadis selalu marah-marah bahkan menghina para staf.

Kepala DPMPTSP Pulau Morotai, Sofia Doa

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Sofia Doa membernarkan meminta laporan investasi perusahan pada Kabid Rosita selama 6 bulan terakhir dilengkapi laporan dari perusahan. Hanya saja laporan yang dimasukkan tanpa adanya laporan asli perusahan sehingga dirinya belum mau menandatangi, dan kemudian diributkan Rosita.

“Masalah laporan data yang saya minta itu memang setiap 6 bulan saya meminta laporan data PT yang ada di Morotai, tapi Dia (Rosita) ribut di tempat pelayanan gara-gara laporan itu,” tandasnya.

Kejadian kemarin yang sempat memanas itu, kata Sofia, ketika dirinya meminta Sekretaris DPMPTSP  menyampaikan surat teguran terhadap pegawai yang tidak ikut apel pagi. Mungkin permintaan tersebut tidak diterima Rosita, karena sering tidak mengikuti apel sehingga memprotes.

“Saya sampaikan ke Sekertaris bagi ASN yang tidak ikut apel pagi, tolong kasih surat teguran, dan tiba-tiba ibu kabid (Rosita) cegat saya dan berkata saya tidak sopan, nah salah saya apa, dan saya pantas dong menegur pegawai saya kalau ada salah, apalagi dia (Rosita) kan bawahan saya,” jelasnya.

Sofia juga membatah tudingan Rosita bahwa dirinya tidak pernah memberikan pembinaan kepada staf. Pembinaan sering dilakukan dalam rapat dengan melibatkan sekertaris dan para kabid, hanya saja tidak pernah dihadiri Rosita.

“Justeru Rosita lah yang tidak pernah hadir setiap diadakan rapat internal dengan Sekertaris dan Kabid-Kabid. Saya juga biasanya menyampaikan arahan terkait dengan kerja-kerja kantor lewat apel, bukan saya tidak pernah melakukan evaluasi tapi kan semua kesibukan kadang berkumpul kadang tidak  makanya susah mau buat rapat untuk keselurahan,” pungkasnya.

Sebelumnya sejumlah staf DPMPTSP dan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan M Mustafa Lasidji nyaris menghakimi Kepala DPMPTSP karena tak terima atas tindakan pembinaan. Mereka menduga perbuatan Kepala DPMPTSP telah menghina dan menfitnah Rosita secara pribadi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut