200 Personel Polres Ternate Diback Up TNI Amankan Natal dan Tahun Baru

  • Bagikan
Kapolres Ternate AKBP Azahari Juanda (tengah) bersama Dandim1501 Ternate, Letkol Kav Bambang Sugiyarta dan Kapolsek Ternate Utara, Iptu Ambo Wellang pada salah satu Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru

TERNATE – Sebanyak 200 persnoel gabunagan dari Polres Ternate dan Polda Maluku Utara (Malut) melakukan pengamanan natal dan tahun baru di Kota Ternate. Pengamanan berlangsung mulai Sabtu (23/12) hingga Selasa (1/1/2019) mendatang.

Kapolres Ternate, AKBP Azahari Juanda mengatakan 200 personel yang diterjun diback up dari Lalu Lintas, Intel, Sabhara, Bhabintibmas maupun Polsek. Kekuatan 200 personel ini dinilai belum cukup sehingga diback up pula  personel dair TNI.

“Sistem back up ini sesuai dengan dinamika di lapangan seperti diketahui malam ini kami melaksanakan patroli gabungan TNI-Polri dengan melibatkan personel natal dan tahun baru yang melibatkan dari Polres Ternate, satu peloton dari Kodim 1501 Ternate, satu platon dari Kompi Raider Khusus dan melibatkan satu platon dari Sabhara Polda Malut dan Brimob untuk melakukan monitoring,” kata Azahari kepada KabarMalut, Senin (24/12/2018) malam.

Pihaknya akan melakukan pengaman di tiap-tiap gereja yang ada di wilayah Ternate, setelah itu dilanjutkan patroli besar-besaran untuk memantau situasi Kamtibmas di seluruh Ternate dalam rangka untuk menjamin pelaksanaan ibadah agar berjalan dengan aman dan lancar.

“Natal dan tahun baru ini saya berharap bahwa tertib berlalu lintas, jika berlalu lintas harus menggunakan helm dan tidak boleh menggunakan lampu yang berwana-warni, karena itu sangat menganggu sekali. Kemudian tidak boleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi tidak boleh menggunakan lampu rotator, sebab bisa kebingugan polisi atau masayarakat,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, menyambut natal dan tahun baru ini dirinya sangat berharap bahwa dilarang mengkonsumsi Minuman Keras (Miras) karena mengkumsusi Miras ini dampaknya sangat besar sekali, bisa melakukan perkelahian, pemerkosaan, penganiyayaan dan atau bisa jadi laka lantas.

“Ini momentum natal dan tahun baru, mari kita sama-sama menjaga tali silatuhrahmi dan saling menguatkan satu sama lain antara umat, sehingga kita bisa menjaga kerukunan umum yang beragama di Ternate dan Malut,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1501 Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta menambahakan, untuk pengaman dari TNI dalam rangka membackup Polres Ternate kurang lebih dikerahkan satu SSK terdiri dari personel gabungan dari kodim maupun dari Kompi khusus 732/Banau.

“Untuk pasukan sendiri sudah disebarkan di pos-pos pengamanan dan malam ini juga akan melakukan patroli dan langsung situasi kondisi yang ada di wilayah Ternate,” katanya mengakhiri. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut