Jabatan Direktur RSUD Kosong, Plt Bupati Haltim Akui Miliki Keterbatasan Wewenang

  • Bagikan
Plt Bupati Haltim, Muhdin Hi Mahbub (Foto: Hasan/KabarMalut)

MABA – Jabatan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) kini kosong, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Haltim Muhdin Hi Ma’bub menggelar rapat kerja pembahasan kekosongan tersebut. Rapat berlangsung di ruangan kantor Bupati Kamis (10/1/2019).

Plt Bupati Haltim, Muhdin Hi Ma’bub mengaku memiliki keterbatasan wewenang dalam mengangkat seorang pejabat defenitif, sehingga dirinya harus mengikuti aturan dan kewenangan dalam menjalankan tugas.

“Saya selaku Plt mengangkat dan memberhentikan pejabat di lingkup Pemerintahan Haltim ini terbatas, kemudian semua harus melalui aturan,” ungkap Muhdin kepada wartawan usai rapat.

Dalam fungsi sehari-hari lanjut Muhdin, dirinya sebagai Plt hanya menjadi pimimpin sementara, akan tetapi tidak pernah sama dengan pejabat lain digantikan sementara, kewenangannya lebih terbatas baik itu dalam ruang lingkup maupun keleluasaan.

“Dalam berbagai beleid yang pernah terbit di negeri ini, seorang Plt di instansi tersebut, pemerintahan harus memiliki wewenang yang terbatas yang artinya, tak memiliki wewenang yang sama dengan jabatan yang diembannya untuk sementara ada aturan yang membatasi,” katanya.

Ia juga menambahkan, dalam Undang-undang Administrasi Pemerintahan (UUAP) diatur meski tidak begitu jelas, dirinya hanya melaksanakan tugas dan menetapkan atau keputusan yang menjadi wewenang jabatan sesuai dengan ketentuan UU pasal 34 ayat 2 UU.

“Semua ini kita harus mengikuti aturan. Tidak serta merta mengambil kebijakan dan kewenangan tanpa aturan dan bertolak dari aturan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut