Longsor Timpa 19 Rumah di Loloda

  • Bagikan
Rumah warga di Loloda yang mengalami kerusakan akibat longsor (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Maluku Utara (Malut) beberapa hari terakhir, mengakibatkan terjadinya tanah longsor pada 4 desa di Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Sejumlah warga pun harus mengungsi karena rumah mereka tertimpa material longsor dan mengalami kerusakan.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar, Abdullah Ishak mengaku mendapat laporan adanya bencana tanah longsor di Loloda merusaki 19 rumah warga yang tersebar di 4 desa, terjadi Minggu (2/1) akibat terus terjadi hujan lebat.

“Data kerusakan rumah warga akibat longsor tertimbun tanah di  Loloda baru disampaikan pak Camat Loloda, Aman Samsudin ke BPBD, karena terkendala jaringan, cuaca  buruk dan keterbatasan jaringan telekomunikasi,” ungkap Abdullah kepada KabarMalut via telepon, Rabu (30/1/2019).

Tim dari BPBD belum bisa turun ke Kecamatan Loloda dikarenakan situasi cuaca yang tidak memungkinkan untuk menuju di Loloda. Namun direncanakan hari ini Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD bersama Dinas Sosial, akan diberangkat ke Loloda untuk memberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang terkena bencana.

“Koramil 1501-06 Loloda terlah mengarahkan anggota untuk menolong pembersihan dampak longsor,” kata Abdullah.

Hingga kini, lanjut Abdullah, pihaknya belum mendapat informasi adanya korban jiwa, namun 19 rumah warga mengalami rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Diantaranya 5 rumah di Desa Soasiu, 4 rumah di Desa Kedi, Desa Kahatola 1 rumah dan terbanyak di Desa Tolofou yakni 9 rumah. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut