Kades Tabadamai Tandingan Tidak Punya Legitimasi Hukum

  • Bagikan
Kepala DPMPD Halbar, Asntah Sowo (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Pengangkatan Kepala Desa (Kades) tandingan Farid M Imam sebagai Kades Tabadamai Kecamatan Jailolo Selatan oleh sejumlah masyarakat, dinilai tidak mempunyai legitimasi hukum. Pasalnya, Desa Tabadamai sudah mempunyai Kades terpilih yang dilantik Bupati Halbar, usai Pilakdes serentak tahap ke dua lalu.

“Sesuai ketentuan yang menang Pilakdes dalam perolehan suara terbanyak harus dilantik dan Kades tandingan saat ini itu sesuai hukum tak mempunyai legitimasi. Sehingga masalah ini akan saya konfirmasi kembali ke Camat Jailolo,” kata Kepala DPMPD Halbar, Asnath Sowo kepada KabarMalut, Senin (22/2/2019).

Menurutnya, dalam ketentuan regulasi yang mengangkat dan memberhentikan Kades ada adalah Bupati. Bahkan kemenangan Kades terpilih saat ini juga dari sumbangsih suara masyarakat Tabadamai saat ini.

“Jika masyarakat sebagian dan calon Kades yang kalah dalam Pilkades tak puas, silahkan saja ke jalur hukum. Sehingga untuk kembali memfasilitasi masyarakat itu sudah tidak lagi, karena ketentuan sudah jelas  dan ini sudah selesai pelantikan,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut