Jelang Ramadhan, Harga Bawang di Ternate Beranjak Naik

  • Bagikan
Pedagang di Pasar Higienis Ternate (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Jelang bulan suci ramadhan, harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Pasar Higienis Ternate mulai beranjak naik. Kenaikan harga bervariasi yakni Rp 15.000 dan Rp 20.000 per kilo gram (kg).

Salah Satu Pedagang, Risno menyebutkan harga Bawang Merah sebelumnya hanya  Rp 40.000 per kg, tapi naik sebesar Rp 15.000 menjadi Rp 55.000 per kg. Begitu juga Bawang Putih sebelumnya dijual Rp 50.000 per kg, kini sudah menjadi Rp 70.000 per kg.

“Saat ini Bawang Merah naik Rp 15.000 dan Bawang Putih naik Rp 20.000,” tutur Rismo saat ditemui di Pasar Higienis Ternate, Selasa (30/4/2019).

Kenaikan harga bawang ini disebabkan karena stok yang disuplai dari Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sangat terbatas. Ditambah pula biaya transportasi yang begitu mahal, sehingga pedagang harus menaikan harga untuk menopang laba jualan.

“Stok dari Manado hanya sedikit dan biaya transportasi yang mahal, sehingga kami harus naikan harga,” jelasnya.

Senada, Fatma menyebutkan bahwa harga bawang mengalami kenaikan karena stok bawang diambil dari luar kota Ternate (Manado), ditambah dengan biaya transportasi yang mahal. Kenaikan harga seperti ini sudah biasa terjadi saat menyambut ramadhan karena banyaknya permintaan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut