Jelang Idul Adha, Polda Maluku Utara Awasi Pelayaran

  • Whatsapp
Direktur Polairud Polda Maluku Utara, Kombes Pol Arif Budi Winofa (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Jelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Maluku Utara telah melakukan pengawasan pelayaran di tiap-tiap pelabuhan, karena cuaca saat ini sangat buruk.

“Beberapa pelayaran juga sementara masih dipertimbangkan untuk diberangkatkan, dua hari yang lalu keberangkatan Ferry menuju Bitung tidak diizinkan, sebab cuaca tersebut tidak memungkinkan,” kata Direktur Polairud Polda Maluku Utara, Kombes Pol Arif Budi Winofa kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Muat Lebih

Arif menambahkan, dirinya menghimabua kepada masyarakat agar memperhatikan kondisi cuaca saat ini, jangan memaksakan kehendak untuk melakukan penyeberangan karena bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan di laut, kemudian perahu terbalik karena gelombang yang tinggi.

“Saya berhap kepada para nelayan jika cuaca tersebut kurang bagus tahan diri dulu, jangan sampai hanyut, karena beberapa hari yang lalu kapal ikan tenggelam, kemudian ditolong oleh tim gabungan,” harapnya.

Arif mengaku, Polairud saat ini sudah siapkan kapal dan speedboat di semua kabupaten/kota, dari semua kabupaten/kota cuaca yang paling ekstrim rute Ternate-Batam Dua, kemudian bagian selatan paling ekstrim di Pulau Taliabu.

“Cuaca ini kita tidak bisa lawan, jadi kita harus bersabar dan menunggu sampai dengan setuasi bisa memungkinkan baru berlayar,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait