Tindaklanjut Penyelidikan Polisi, Inspektorat Audit ADD dan DD Losseng

  • Whatsapp
Kepala Inspektorat Pulau Taliabu, Jufri Saharudin (Foto: Hamsan/KabarMalut)

BOBONG -Polres Kepulauan Sula (Kepsul), kini telah menyelidiki dugaan korupsi anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Desa Losseng, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, tahun anggaran 2017-2019. ADD dan DD diduga disalahgunakan oleh Kades Harnono La Yai.

Pihak Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu sendiri telah menerima surat permintaan dilakukan audir anggaran ADD dan DD Losseng mulai 2017-2018 dan agaran tahap pertama tahun 2019. Sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat merencanakan dalam waktu dekat bakal turun ke Desa Losseng untuk melakukan audit sesuai permintaan penyidik.

“Yang jelas minggu depan ini kita sudah turun,” ungkap Kepala Inspektorat Pulau Taliabu, Jufri Saharudin pada sejumlah wartawan di ruangannya, Rabu (9/10/2019).

Audit anggaran ADD dan DD dilakukan guna mengetahui dugaan kerugiaan negara yang disalahgunakan Kades. Namun dikarenakan cuaca di wilayah yang hendak ditujuh belum memungkinkan, maka dijadwalkan bakal dilakukan pekan depan.

“Kondisi alam yang belum baik, karena di Selatan itu masih ombak sehingga kita belum bisa turun,” terangnya.

Jufri mengaku Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus juga telah memerintahkan melakukan audit pengelolaan anggaran ADD dan DD. Jika berindikasi merugikan negara, maka diminta untuk direkomendasikan ke aparat penegak hukum agar ditindaklanjuti.

“Kami tidak main-main dalam persoalan ini, kami akan audit dan apa bila terdapat kerugian negara dengan unsur kesengajaan maupun admistrasi, maka kami tetap akan merekomandasikan ke pihak hukum yaitu Polres Kepsul, karena persoalan ini juga bupati  sudah perintah untuk audit,” pungkasnya. (Ajo)

 

Pos terkait