Partisipasi Masyarakat Menurun, Ismunandar Menang Telak di PSU Pilkades Waci

  • Bagikan
Perhirungan surat suara pada PSU Pilkades Desa Waci (Foto: Istimewa)

MABA – Calon Kepala Desa (Cakades) Waci nomor urut 2, Ismunandar Hasan akhirnya memang telak pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkades Waci, Kecamatan Maba Selatan, yang berlangsung Selasa (22/10/2019).

Ismunandar yang sempat diberhentikan Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muhdin Ma’bud dari jabatan sebagai Kades Waci karena menindaklanjuti putusan PTUN Ambon atas gugatan Cakades Iskandar Lite ini, meraih suara sebanyak 312. Perolehan hasil tersebut menobatkan Ismunandar sebagai pemenang Pilkades dari kedua lawan tandingnya.

Informasi yang dihimpun KabarMalut, perhitungan suara dengan mendapat pengamanan ekstra ketat dari aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP tersebut, dua lawan Ismunandar yakni Cakades nomor urut 1 Iskandar Lite hanya meraih 5 suara, dan Cakades no urut 3 Abdul Umar hanya meraih 3 suara. Tingkat partisipasi masyarakat menyalurkan hak pilihnya hanya 328 orang dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 660 jiwa pilih.

Sebagaian besar masyarakat Waci memilih golput karena tidak sependapat dengan keputusan Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haltim menggelar PSU Pilkades.

Sementara itu, untuk PSU Pilkades Jikomoi Kecamatan Wasile Selatan dengan empat pasangan calon, dimenangkan oleh Cakades nomor urut 3, Ans Canu dengan perolehan suara 102. Disusul Cakades nomor urut 2 Toberling Ngahan dengan perolehan suara 89.

Untuk posisi ketiga ditempati Cakades nomor urut 1 Septon Djojong dengan raihan suara 82 dan selanjutnya calon kades nomor urut 4 Yanes Flori hanya meraih 1 suara.

“Jumlah DPT Desa Jikomoi itu 304, tapi yang menggunakan hak pilih hanya 275,” ungkap Kadis DPMD Haltim Badalan Uat, Selasa kemarin saat memantau langsung proses PSU Pilkades Jikomoi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut