Forkopimda Halut Putuskan Pilkades Gosoma Dilakukan Pemilihan Ulang  

  • Bagikan
Kepala DPMD Halmahera Utara, Wenas Rompis (Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Tarik menari penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gosoma Kecamatan Tobelo, kini berakhir. Pemerintah Daerah Kabupate Halmahera Utara (Halut) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar pertemuan membicarakan penyelesaian sengketa Pilkades Gosoma dan akhirnya memutuskan Pilkades Gosoma harus dilakukan pemilihan ulang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halut, Wenas Rompis menyebutkan hasil pertemuan yang dilakukan dengan Forkopimda menghasilkan beberapa pertimbangan untuk menyelesaikan sengketa Pilkades Gosoma maka tidak ada pelantikan, melainkan akan dilakukan pemilihan ulang yang dilaksanakan usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini.

“Dalam rapat dipertimbangkan dan banyak hal yang dibahas didalamnya. Dari hasil pertemuan tersebut disebutkan bahwa penyelesaian Pilkades Gosoma maka harus dilakukan pemilihan ulang,” ungkap Wenas kepada sejumlah wartawan usai rapat, Rabu (29/1/2020).

Wenas mengaku pejabat Kades lama yang telah ditempatkan akan ditarik kembali dan digantikan dengan penempatan pejabat baru hingga dilakukan pemilihan ulang.

“Pejabat yang baru yang akan ditempatkan tersebut juga untuk mempersiapkan panitia pemilihan yang akan melaksanakan pemilihan ulang,” terangnya.

Untuk Pilkades ulang Desa Gosoma ini hanya hanya diikuti dua pasangan calon peraih suara terbanyak dari lima calon sebelumnya yakni calon nomor urut 1 Ferdi Lahura dan calon nomor urut 4 Otniel Kofia.

“Banyak pertimbangan yang disampaikan baik itu dari Ketua Pengadilan Negeri Tobelo, Ketua DPRD dan Polres,” tuturnya.

Pelaksanaan Pilkades Gosoma didijadwalkan berlangsung bulan Oktober mendatan setelah selesai pelaksanaan Pilkada 2020.

“Kedua kandidat saya telah memanggil dengan memberikan penjelaskan dari hasil rapat tersebut karena ada agenda lain yang dilakukan Bupati, sehingga saya yang langsung menjelaskan terkait dengan hasil pertemuan tersebut. Dan keputusan rapat Forkopimda tadi sudah final,” pungkasnya.

Sebelumnya Pilkades Gosoma terdapat dua calon memiliki jumlah suara yang sama, dan diketahui saat penghitungan suara pada 30 September 2019 lalu, calon Ferdi Lahura dan Otniel Kofia mendapatkan jumlah suara yang sama yakni 601 suara. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut