Tarik Minat Generasi Muda, Koramil 1508-05/Daruba Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI-AD

  • Bagikan
Sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AD tahun 2020 kepada pelajar oleh personel Koramil 1508-05/Daruba (Istimewa)

MOROTAI – Dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda khususnya kalangan pelajar untuk mengabdi dan berprestasi kepada bangsa dan negara melalui TNI-AD, Koramil 1508-05/Daruba melaksanakan sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AD tahun 2020 kepada pelajar pada dua SMK yakni SMK Bumi Moro Kecamatan Morotai Selatan dan SMK Negeri 1 Pulau Morotai Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Bati Tuud Koramil 1508-05/Daruba, Serma Erlanta Sihombing mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan motivasi terhadap para siswa/siswi, agar tumbuh rasa kebangsaan dan cinta tanah air dengan mengabdikan diri menjadi prajurit TNI-AD.

“Para siswa/siswi kalau memang berminat jadi prajurit TNI-AD harus mempersiapkan diri sejak dini. Baik persiapan fisik, mental dan belajar dengan baik serta rajin berolah raga. Hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” ucap Erlanta pada keterangan tertulis, Jumat (7/2/2020).

Melalui kegiatan sosialisasi ini juga para siswa-siswi dapat mengetahui persyaratan dan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi untuk menjadi prajurit TNI-AD. Adapun materi sebagai persyaratan menjadi calon prajurit TNI-AD.

“Syaratnya meliputi kelengkapan administrasi, kesehatan dan postur, kesegaran jasmani, mental ideologi serta psikologi. Dari setiap materi tersebut tentu ada standar nilai yang telah ditetapkan sebagai persyaratan untuk lulus menjadi prajurit TNI-AD. Apabila ada yang kurang jelas nanti bisa menanyakan langsung ke Koramil atau bisa membuka link website www.ad.rekrutmen-tni.mil.id,” jelasnya.

Salah satu siswa, Muhamad mewakili rekan-rekan siswa/siswi mengakut sangat berterima kasih kepada personel dari Koramil 1508-05/Daruba, yang sudah hadir di sekolah untuk sosiallisasi tentang penerimaan masuk TNI.

“Dengan dilaksanakan sosisialisasi dari Koramil, kami bisa memahami tahapan-tahapan seleksi yang harus kami siapkan sebelum mengikuti seleksi untuk mencapai hasil yang baik,” katanya.

Terpisah, Kepala SMK Bumi Moro, Yatman Taba mengaku selaku Kepsek merasa bangga karena dengan adanya sosialisasi  tentang penerimaan prajurit TNI-AD dari Koramil, pihak sekolah terutama siswa-siswi termotivasi, karena penerimaan TNI-AD yang dikhususkan di Pulau Terluar memberikan kesempatan terbaik buat putra-putri daerah.

“Alhamdulillah sampai saat ini alumni SMK Bumi Moro sudah berhasil sebagai prajurit TNI-AD sebanyak 5 orang. Harapan kami kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai dapat menambah kuota penerimaan TNI-AD maupun Polri melalui jalur koordinasi dengan pihak terkait, agar kuota TNI maupun Polri khususnya daerah terluar lebih banyak, supaya putra-putri daerah bisa terakomodir lebih banyak sebegai prajurit dari daerah perbatasan,” harapnya.

Senada, Kepsek SMK Negeri 1 Pulau Morotai, Sofyan Baba mengatakan terima kasih atas adanya sosialisai ini, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk anak didiknya. Khusus putra daerah bisa diakomodir dalam kesempatan jika ada peluang.

“Olehnya itu kami berharap pihak stekholder, dalam hal TNI bisa memperhatikan generasi kami yang akan datang,” harapnya.

Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Inf Raymond Sitanggang saat dikonfirmasi awak media mengatakan sosialisasi tersebut merupakan pemberitahuan informasi kepada siswa-siswi sekolah dan guru tentang adanya penerimaan calon prajurit TNI-AD.

“Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sekaligus untuk menarik minat generasi muda untuk menjadi prajurit TNI-AD,” singkat Dandim. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut