Karyawan Harita Nickel Sumbang 106 Kantong Darah ke RSUD Labuha

  • Whatsapp
Kegiatan donor darah oleh karyawan Harita Nickel Division (Istimewa)

LABUHA – Sebanyak 106 kantong darah milik karyawan Harita Nickel Division disumbangkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut). Kantong berisikan darah tersebut dikumpulkan dalam kegiatan donor darah para karyawan pada dari rangkaian peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2020 yang  berlangsung di Site Kawasi, Kecamatan Obi pada Selasa-Rabu (11-12/2).

106 kantong darah dikumpulkan dari para pendonor yang merupakan karyawan Harita Nickel Division terdiri dari masing-masing karyawan yakni 46 kantong dari karyawan PT MSP, 32 kantong dari karyawan PT TBP dan 28 kantong dari karyawan PT HPL.

Muat Lebih

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Labuha, Nita Rachmawati mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Dengan adanya sumbangan penyumbangan darah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

“Sementara ini baru Harita yang mendundang kami untuk mengadakan donor darah. Semoga ke depannya bisa diikuti oleh pihak lain karena RSUD Labuha sering kali mengalami kekurangan stok darah untuk pasien yang membutuhkan,” ujar Nita dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Seperti diketahui, RSUD Labuha membutuhkan 130 kantong darah setiap bulannya dan ini adalah kali pertama stok darah di RSUD Labuha mencapai 106 kantong. Sebelumnya maksimal hanya 30 kantong saja yang bisa digalang dalam sebuah kegiatan donor darah.

Menurut Nita, animo yang muncul pada kegiatan donor darah ini cukup bagus. Namun tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya karena harus terlebih dulu dinyatakan lolos tes kesehatan.

“Ada pemeriksaan terhadap tekanan darah, kadar hemoglobin, serta pemeriksaan terhadap pola hidup,” ungkapnya.

Pemeriksaan ini penting dilakukan demi keselamatan pendonor dan juga keselamatan orang yang kelak menerima donor darah tersebut. Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh orang yang mendonorkan darahnya.

“Donor darah baik untuk kesehatan jantung serta dapat membuat pendonor menjadi awet muda. Selain itu, terdapat juga rasa kepuasan pribadi karena dapat membantu orang lain. Donor darah ini menjadi ladang amal bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Department Head and Technical Support PT HPL, Rico Windy Albert mengatakan donor darah bukanlah acara pelengkap Bulan K3 Nasional semata.

“Kami hendak menumbuhkan rasa empati karyawan terhadap sesama. Ketika kita peduli terhadap kesehatan orang lain, tentu kita pun akan menjaga kesehatan diri sendiri,” ungkap Rico.

Melihat animo yang bagus pada penyelenggaraan kali ini, Rico mengaku bahwa donor darah dapat menjadi acara rutin tahunan yang waktunya akan disesuaikan dengan agenda perusahaan.

“Saya terenyuh ketika mendengar pihak rumah sakit sering mengalami kekurangan stok darah untuk para pasien. Saya berharap ke depannya akan semakin banyak pendonor yang ikut serta,” jelasnya.

Untuk kegiatan kali ini, peserta memang sengaja dibatasi karena menyesuaikan kapasitas alat dan jumlah petugas dari rumah sakit. Rico pun mengucapkan apresiasinya terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan.

“Kesuksesan acara ini tak lepas dari kepedulian karyawan dan dukungan perusahaan. Ucapan terima kasih juga khususnya ditujukan kepada tim dari RSUD Labuha, yang telah menempuh perjalanan jauh untuk kegiatan donor darah ini,” ucapnya.

Seluruh kantong darah yang telah terkumpul pada kegiatan ini pun kemudian diserahkan kepada RSUD Labuha untuk menolong para pasien yang membutuhkan. (*)

Pos terkait