Siapkan Diri untuk UN, 191 Siswa SMA 1 Pulau Morotai Ikut Simulasi UNBK

  • Bagikan
Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pulau Morotai mengikuti simulasi UNBK (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Untuk mempersiapankan diri menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2019-2020 tingkat SMA. Sebanyak 191 siswa-siswi SMA Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai, mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung selama tiga hari.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pulau Morotai, M Hatta Hi Saraha mengatakan siswa-siswi yang mengikuti simulasi UNBK ini untuk mempersiapkan diri pada UN tanggal 30 Maret sampai 2 April mendatang.

“Dari 191 siswa-siswi yang bakal mengikuti UNBK tahun ajar 2019-2020 yakni, jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 110 orang dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 80 orang,” ungkap M Hatta kepada KabarMalut, Senin (24/2/2020).

Para siswa-siswi SMA Negeri 1 dinyatakan secara matang dinyatakan siap mengikuti UN. Bahkan dalam simulasi UNBK atau gladi bersih tes UNBK dilakukan selama tiga hari dengan mata pelajaran yang berbeda-beda pula. Di hari pertama pada Minggu, dilakukan tes mata pelajaran Bahasa Inggris, kemudian hari kedua ini tes mata pelajaran jurusan.

“Untuk hari ketiga besok, tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) khususnya untuk para guru yang mengetehui tinggkat kompetensi soal pada ujian nasional,” terangnya.

Hatta menambahkan, ketentuan kelulusan sendiri semuanya dikembalikan ke sekolah berdasarkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 43 tahun 2019. Sehingga soal ujian sekolah juga dikembalikan ke sekolah masing-masing untuk menyusun dan melakukan koreksi.

Salah satu siswa jurusan IPA, Rizqullah Fadlurahman ketiga dikonfirmasi mengaku baru pertama kali melakukan hal ini.

“Memang awal kami rasa kaku mengikuti tes ujian simulasi ini, tetapi begitu berjalan sudah tidak lagi. Ini tujuannya mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional kedepan nanti yang berlangsung selama tiga hari,” singkatnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut