Rapid Test Satu Warga Gane Timur Tengah Dinyatakan Reaktif Covid-19

  • Whatsapp
Tim Kesehatan saat menjemput AA di pelabuhan Pasar Baru Desa Babang (Istimewa)

LABUHA –  Seorang warga pada Desa Taba Hijrah Kecamatan Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), berinisial AA terkonfirmasi hasil rapid test dinyatakan reaktif (positif) virus corona (Covid-19). AA diketahui memiliki riwayat perjalanan dari luar Negeri (India) sejak bulan Febuari lalu.

Sekertaris Tim Satgas Covid-19 Halsel, Daud Jubedi mengaku AA sejak tanggal 05 Febuari 2020 berangkat dari India tujuan Indonesia (Jakarta). Sebelum tiba di bandara internasional Soekarno Hatta, AA sempat transit di bandara Malaysia pada tanggal 06 Februari. Besoknya AA bersama rombongn melanjutkan penerbangan menuju Jakarta.

“Di Jakarta mereka melakukan karantina selama 14 hari,” kata Daud saat dikonfirmasi, Selasa (19/5/2020).

Setelah melewati masa karantina di Jakarta, AA dan rombongan melanjutkan perjalanan dari Jakarta menuju Kota Ternate dengan moda transportasi laut. Kapal yang ditumpangi yakni KM Dorolonda dengan tujuan pelabuhan Ahmad Yani.

“Lagi-lagi AA melaksanakan karantina selama 14 hari di Ternate. Tanggal 1 Maret AA kembali ke Gane Timur Desa Taba Hijrah,” sebut Daud.

Lanjut Daud, beberapa hari di Taba Hijrah, petugas kesehatan dari Puskesmas Bisui melakukan pantauan terhadap kondisi kesehatan AA. Hasilnya kondisi kesehatan AA dinyatakan sehat.  AA juga melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah.

Namun sejak Senin (18/5) kemarin hasil rapid test AA menujukan reaktif (positif). Mengetahui itu, Tim Satgas Covid-19 mengambil langkah mengevakuasi AA ke Labuha untuk diisolai.

“Sementara ini tim medis mengambil sampel AA untuk dikirim ke leb di Makassar,” tutup Daud. (*)

Pos terkait