Cegah Covid-19, Pemda Taliabu Kampanye Disiplin Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Kampanye Protokol Kesehatan di Kabupaten Pulau Taliabu (Istimewa)

BOBONG – Dalam rangka upaya pencegahan dan pengandalian virus corona (Covid-19), Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu gelar kampanye disiplin protokol kesehatan. Kegiatan diawali dengan Senam Sehat dan Goyang Tobelo berlangsung di Bundaran Tugu Hemungsia Sia Dufu, Jumat (23/10/2020).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pulau Taliabu, Maddaremmeng mengatakan semua komponen masyarakat harus mentaati protokol kesehatan, mengigat Taliabu sudah bukan lagi zona hijau pasca ada satu orang dinyatakan positif Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Makanya pada hari ini saya meminta dan saya mengajak kepada bapak Kajari, Kapolsek, mewakili Ketua Pengadilan dan Danramil, untuk kita bersama-sama membuat satu gerakan bagaimana kita mengajak masyarakat untuk taat protokol kesehatan, karena hanya itu caranya saat ini untuk melawan Covid-19,” ungkap Maddaremmeng.

Maddaremmeng berharap agar sudah tidak ada lagi tambahan pasien positif Covid-19 Pulau Taliabu. Dengan demikian, ia meminta atau mendorong serta mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu taat pada protokol kesehatan.

Sosialisasi sebelum dilakukan ke masyarakat, Maddaremmeng meminta untuk mulai dari pegawai lebih dulu, jangan sampai mengajak atau menyuruh orang untuk pakai masker, sementara para pegawai sendiri tidak pakai masker.

“Jadi saya minta mulai dari sekarang semua kantor harus taat dengan protokol kesehatan, nanti saya akan cek, saya akan tiba-tiba datang di kantor-kantor untuk cek apakah taat pada protokol kesehatan apa tidak,” tuturnya.

Selain itu, Maddaremmeng berencana dalam waktu dekat akan berusaha mencari alat tes swab yang langsung jadi seperti alat rapid test anti gen.

“Kemarin waktu rapat pak Doni Monardo juga sudah dibenarkan tes rapid anti gen, tapi dia dengan mekanisme atau cara di swab anti gen, jadi kalau takut di swab makanya pakai masker karena kalau tidak saya suru di swab,” katanya.

Sementara untuk BPBD, diminta segera menyiapkan tempat karantina yang cukup mengantisipasi adanya transmisi lokal pasca adanya pasien yang terkonfirmasi positif pertama di Pulau Taliabu.

“Karena beliau itu sudah cukup lama, walaupun sudah karantina tapi kita tidak tahu orang-orang yang di sekitarnya kita tidak mengerti, makanya khusus bagi pegawai negeri mulai dari sekarang mulai mentaati protokol kesehatan dan setelah itu menjadi duta-duta yang mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat secara keseluruhan yang dimulai dari hari ini,” pungkasnya. (*)

Pos terkait