Pemdes Dolik Salurkan BLT Tahun 2021

  • Bagikan
Penyaluran BLT di Kantor Desa Dolik (Istimewa)

LABUHA – Pemerintah Desa (Pemdes) dan BPD Desa Dolik, Kecmatan Gane Barat Utara, Halmahera Selatan (Halsel), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun anggaran 2021. Penyaluran BLT ini berlangsung di Kantor Desa Dolik yang disaksikan anggota Polsek Gane Barat Brikpa Duwila dan Babinsa Dolik Serda M. Nur  Ibrahim.

Kepala Desa Dolik, Iswadi Ishak menjelaskan berdasarkan hasil pendataan oleh tim verifikasi kepada calon penerima manfaat BLT DD pada beberapa bulan lalu menemukan 15 Kepala Keluarga (KK) layak memenuhi kategori yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (PKM).

“Mereka kami tetapkan sebagai penerima manfaat BLT DD tahun ini,” kata Iswadi dalam keterangan persnya yang diterima KabarMalut, Selasa (20/4/2021).

Menurut Iswadi,  pendataan ini sudah sesuai dengan mekanisme dan prosedurnya yaitu menggunakan sistem by name by adrees yang berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementrian Sosial. Selain itu, kata Iswadi, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelokaan Dana Desa. Pasal 38 ayat 4 bahwa jaring pengamana sosial yang termasuk di dalamnya ada Padat Karya Tunai (PDKT) dan BLT menjadi prioritas utama dalam penggunaan DD.

“Dengan demikian pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT desa sesuai yang dimaksud dalam pasal 39 ayat 1 PMK 222 2020. Hal ini dilakukan dalam rangka menanggulangi dampak pandemi corona virus disease 2019 atau virus Covid-19,” turut Wakil Ketua APDESI Halsel ini.

Kades yang akrab disapa Dhodi ini, lebih lanjut menjelaskan,  BLT DD yang diterima KPM per KK sebesar Rp 300.000 dengan durasi waktu Januari hingga Desember. Penerima manfaat BLT DD yang diberikan kali ini telah memenuhi dua katagori yakni, pertama Keluarga Miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan dan kedua, tidak termasuk penerima bantuan program PKH, Kartu Sembako, Kartu Pra Sejahtera, BST, maupun program bantuan pemerintah lainnya.

“Kami berharap apa yang kami serahkan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, apalagi dalam bulan puasa ini bisa bernilai ibadah dalam penggunaannya itu,” ujar Dhodi.

Meskipun Pemerintah mencairkan RKUN ke RKUD baru 1 bulan yakni Januari. Namun, Kades Dhodi, berinsiatif menyalurkan BLT dua bulan yakni Januari dan Februari kepada 15 KK penerima manfaat.

“Langkah ini dilakukan untuk meringankan beban mereka di bulan suci ramadhan ini,” tukas Dhodi

Sementara itu salah satu keluarga penerima manfaat, Taha Hi M. Nur  mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa dan BPD terutama Kades Dolik Iswan Ishak. Menurut Taha, dengan adanya BLT dari Pemerintah Desa ini dapat membantu mereka terutama dirinya yang saat ini mengalami sakit menahun.

“Saya yang memiliki status sakit menahun kemudian mendapatkan BLT ini sangat membantu saya dan keluarga saya,” sebut Tahan.  (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut