Pemda Sula Segera Fungsikan TPI Wainin

  • Bagikan
Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus didampingi Kepala DKP  Sahlan Nurau saat meninjau fasilitas TPI Wainin. (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), dalam waktu dekat segera fungsikan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Desa Wainin, Kecamatan Sanana Utara.

Untuk memastikan fasilitas pada TPI tersebut, Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus yang didampingi Kepala DKP Kepulauan Sula, Sahlan Nurau telah meninjau langsung fasilitas tersebut.

Kepala DKP Kepulauan Sula, Sahlan Nurau mengatakan secara administratif TPI Wainin saat ini masih dibawa penguasaan PT Kumira. Hal ini berdasarkan kontrak kerjasama yang ditandatangan Pemerintah Daerah dengan PT Kumira selaku pengelola sejak tahun 20217 dan akan berakhir tahun 2025 mendatang.

“Sebetulnya TPI ini masih dibawa penguasaan PT Kumira, karena kontraknya sampai 2025. Namun, saat ini PT Kumira tidak lagi beroperasi,” kata Sahlan setelah mendampingi Bupati melihat sejumlah fasilitas TPI Wainin, Senin (11/10/2021).

Berdasarkan hasil pantauan, Sahlan mengaku dari beberapa fasilitas yang ada, hanya satu yang masih berfungsi, sementara yang lain sudah rusak. Pemda segera ambil langkah untuk fungsikan fasilitas TPI tersebut.

“Dalam waktu dekat kita akan segera ambil langkah, yakni putus kontrak dengan PT Kumira dan mencari perusahan lain untuk kelola fasilitas itu,” tegasnya.

Langkah terpaksa pemutusan kontrak kerjasama yang dilakukan Pemda terhadap PT Kumira karena, perusahan tersebut lalai. Bahkan kurang lebih tiga kali disurati namun tidak ditanggapi.

“Kami sudah berupaya dengan menyurati PT Kumira, hanya saja tidak ditanggapi, maka kami akan segera putuskan kontrak kerja sama,” cetusnya.

Selain itu, Pemda Kepulauan Sula juga telah berkonsultasi dengan DKP Provinsi maupun Kementrian Perikan.

“Untuk pemutusan kontrak kerjasama dengan PT Kumira dan fungsikan TPI, kami sudah konsultasi dengan DKP Provinsi maupun Kementerian,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut