Home » Tutorial » Cara Convert PDF ke Word di HP/Laptop Gratis Dan Mudah

Cara Convert PDF ke Word di HP/Laptop Gratis Dan Mudah

Yodik May 22, 2024

Kabarmalut.co.id – Saat ini kebutuhan convert PDF ke Word memang begitu sering digunakan. Alasannya karena file berupa PDF dinilai lebih aman dan jarang sekali rusak jika dibuka di laptop atau PC lainnya. Dan jika sudah dikirimkan maka file ini pun harus di rubah ke bentuk word lagi agar bisa dirubah atau diteliti.

PDF (Portable Document Format) menjadi sebuah file atau dokumen yang lebih mudah dibagikan. Alasan inilah yang membuat pengguna lebih sering merubah word ke pdf dan kemudian jika sudah dikirimkan maka penerima file bisa merubahnya kembali ke word.

Jika ingin merubah atau melakukan convert dari PDF ke Word maka pengguna bisa memanfaatkan dua cara. Dimana langkah pertama bisa merubah tanpa memakai aplikasi dan kedua bisa menggunakan sejumlah aplikasi. Berikut ini pembahasannya.

Cara Convert PDF ke Word Tanpa Aplikasi

Untuk convert PDF ke Word pengguna bisa melakukannya tanpa memakai aplikasi. Namun untuk melakukan cara ini maka Anda harus bisa mengetahui sejumlah langkah khusus. Inilah ada 3 cara yang bisa Anda lakukan.

1. Copy Paste Teks

Jika ingin merubah beberapa bagian saja dari file PDF maka silahkan tinggal copy saja dari file PDF dan paste ke file Word. Untuk melakukannya maka langkahnya adalah:

  • Silahkan buka dulu dokumen PDF yang akan dirubah isinya.
  • Kemudian silahkan memilih highlight teks pada dokumen yang akan di ambil tulisannya. Jika sudah silahkan klik pada tombol Copy as Text. Jika ingin memindahkan file dalam tabel maka pilih Copy as Table.

Jika file sudah di copy maka silahkan tempek atau paste ke dokumen Word. Maka Anda sudah bisa mengedit beberapa tulisan yang mungkin akan dirubah isinya.

2. Memakai Google Drive

Cara kedua convert PDF ke Word tanpa aplikasi adalah dengan memakai Google Drive. Untuk melakukan langkah ini maka caranya adalah:

  • Silahkan uploud file yang akan dirubah ke Google Drive.
  • BErikutnya adalah klik kanan dan pilih Open With di dokumen yang sudah di uploud. Kemudian klik pilihan Google Docs.
  • Dokumen yang sudah dipilih pun akan muncul di Google Docs.
  • Berikutnya adalah klik pada file tersebut. Pilih download as dan pilihlah file ke bentuk format Microsoft Word.
  • Silahkan menyimpannya dan bedakan nama file dengan memberikan nama baru.
Baca Juga :   Cara Mengirim Folder Lewat Email di HP/Laptop Lebih Dari Satu File

File yang sebelumnnya berupa PDF pun kini sudah berubah ke file berbentuk Word.

3. Menggunakan Google Docs

Cara berikutnya hampir mirip dengan langkah kedua yang dibahas diatas. Hanya saja untuk cara ketiga ini Anda memakai Google Docs. Untuk menjalankannya, berikut ini caranya.

  • Silahkan buka lebih dulu Google Docs. Untuk memilihnya maka silahkan klik File kemudian Buka.
  • Disana akan muncul sejumlah file berupa dokumen PDF. Silahkan memilih dokumen mana yang akan dirubah.
  • Kemudian masuk Google Docs dan memilih Buka dengan Google Dokumen di sisi atas menu file.
  • Jika fle PDF sudah terbuka silahkan download dengan memilih Microsoft Word. Untuk membedakan file silahkan mengganti nama file dengan memakai nama baru.

Sangat mudah bukan cara merubah file PDF ke Word.

Cara Convert PDF ke Word dengan Aplikasi

Kemudian jika pengguna ingin lebih mudah untuk convert PDF ke Word maka cara yag bisa digunakan adalah memakai aplikasi. Didalam semua aplikasi ini, pengguna bahkan bisa merubah semua bentuk file atau dokumen sesuai yang diinginkan. Bahkan bukan hanya dari file PDF ke Word atau sebaliknya, namun juga semua bentuk file lain.

Rekomendasi aplikasi online yang bisa digunakan untuk merubah file dari PDF ke Word tersebut antara lain:

1. Small PDF

Small PDF merupakan salah satu situs website yang bisa diandalkan dalam mengubah file PDF ke Word. Meskipun bukan merupakan aplikasi namun situs ini sangat mudah digunakan untuk berbagai kebutuhan mengubah file. Penguna sangat praktis dalam memakai situs web ini, untuk memakainya berikut ini cara yang bisa dialankan.

  • Silahkan masuk ke situs websitenya lebih dulu atau masuk melalui linknya https://smallpdf.com/
  • Setelah masuk ke link situsnya maka silahkan memilih menu PDF to Word cobverter yang sudah tersedia di bagian atas situs.
  • Untuk mengubah file maka silahkan masuk ke Chosee File kemudian silahkan memilih dokumen PDF yang akan dirubah ke bentuk dokumen Word.
  • Jika sudah silahkan langsung klik PDF to Word cobverter dan tinggal menunggu beberapa menit dalam proses perubahan filenya.

Apabila prosesnya sudah selesai maka muncul menu download. Silahkan download maka file PDF sudah berubah ke Word dan bisa digunakan jika ingin mengeditnya.

2. I Love PDF

I Love PD menjadi situs website kedua yang bisa diandalkan untuk mengubah file PDF ke Word. Situs ini juga sangat banyak menjadi pilihan para pengguna karena tampilannya yang sederhana dan juga mudah sekali digunakan. Untuk memakai situs ini langkah yang harus dilakukan antara lain:

  • Silakan mengunjungi situs website tersebut melalui Link https://www.ilovepdf.com/
  • Silakan memilih menu PDF to Word.
  • Untuk memasukkan file yang akan dirubah silakan masuk pada menu select PDF file. Lalu Pilihlah file PDF untuk di upload.
  • Untuk menjalankan pengubahan file silahkan klik Convert to Word.
  • Tinggal menunggu beberapa menit saja maka bahan tersebut akan berubah dari PDF ke Word.
Baca Juga :   Inilah Beberapa Jenis FUP IndiHome dan Cara Cek Via Mobile

Silahkan download Word pada menu yang sudah tersedia. File dokumen yang sudah berubah tersebut bisa anda gunakan.

3. Adobe Acrobat PRO

Cara berikutnya untuk convert PDF ke Word adalah memakai aplikasi Adobe Acrobat PRO. Biasanya aplikasi ini harus diinstal terlebih dahulu pada PC atau laptop yang Anda gunakan. Jika sudah tersedia tinggal menjalankan langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat PRO pada PC atau laptop milik anda.
  • Kemudian silakan buka file PDF yang akan dirubah ke bentuk file Word.
  • Untuk mengubahnya maka para pengguna tinggal memilih menu Save As Other. Kemudian silahkan memilih Word Dokumen misalnya ke Word 97-2003 pagar file dokumen tersebut bisa dibuka dalam semua jenis versi Microsoft Word.

4. Aplikasi UniPDF

Aplikasi berikutnya yang juga sangat mudah digunakan untuk mengubah file PDF ke Word adalah UniPDF. UniPDF ini merupakan salah satu aplikasi desktop yang juga sangat praktis dipakai karena memiliki menu yang sederhana. Selain itu aplikasi ini juga gratis tanpa ada biaya tambahan.

Langkah yang bisa digunakan para pengguna untuk mengubah file dokumen dari PDF ke word antara lain:

  • Buka dan jalankan aplikasi UniPDF kemudian silakan pilih menu setting. Pastikan lebih dulu jika format Word memiliki tipe  “.doc.”
  • Kemudian silahkan masuk ke tab Home dan di menu output silahkan memilih Word.
  • Berikutnya adalah klik Add dan pilih file dokumen yang akan dirubah ke file dokumen Word.

Langkah terakhir adalah klik Convert untuk menjalankan konversi dan tinggal menunggu hasil perubahan file. Jika sudah tinggal save dokumen Word dengan memberikan nama berbeda pada dokumen tersebut.

5. Website Converter

Cara berikutnya yang juga akan memudahkan pengguna dalam mengubah file PDF ke Word adalah website converter. Website ini sudah menjadi langganan para mahasiswa untuk membantu mereka mengubah beberapa dokumen perkuliahan sesuai yang dibutuhkan. Untuk menjalankan website ini adalah:

  • Silahkan masuk ke websitenya lebih dulu. Untuk mencarinya masuk saja ke browser pencarian dan pilih salah satu websitenya.
  • Tentukan lebih dulu output file yang diinginkan. Jika ingin mengubah file dari PDF ke Word maka pilih saja sesuai dengan kebutuhan tersebut.
  • Untuk menentukan file, silahkan klik browse dan silahkan memilih dokumen PDF yang akan dirubah.
  • Dan untuk menjalankan silahkan klik Convert dan tinggal menunggu konversi diproses.
Baca Juga :   4 Cara Cek Resi Shopee Express Yang Mudah dan Praktis

Jika sudah muncul pop-up maka tinggal mengunduh file yang sudah dirubah tersebut. Dokumen sudah berubah mejadi Word dan siap untuk digunakan.

6. WPS Writer

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh aplikasi WPS Writer salah satunya adalah mengubah file PDF ke Word. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil bisa digunakan pada desktop dan smartphone. Jika ingin memanfaatkan aplikasi ini, cara memakainya adalah:

  • Silahkan masuk ke aplikasi WPS Writer.
  • Kemudian silahkan buka file PDF milik Anda.
  • Masuk ke menu Spesial Feature dan kemudian silahkan klik PDF to Word.

File akan mengkonversi dokumen PDF dan akan mengubahnya menjadi Word. Tinggal menyimpan dengan memberikan nama file yang berbeda maka file Word pun sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan.

7. PDF Converter

PDF converter menjadi solusi jika ingin merubah dokumen PDF ke Word. Aplikasi ini merupakan salah satu layanan yang tersedia di Google Play. Pengguna akan dimudahkan dengan tampilalan menu yang sederhana, praktis dan mudah digunakan.

  • Untuk memakai layanan ini maka langkah dan cara yang bisa digunakan antara lain:
  • Silahkan unduh dan install lebih dulu PDF Converter di layanan Google Play.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut dan unggah file PDF yang akan dirubah ke Word.
  • Ada ketentuan pilihan file yang akan dipilih. Jika ingin ke Word silahkan pilih saja konversi ke Word.

File yang sudah dipilih kini berubah ke file Word. Dokumen sudah bisa digunakan dan diedit sesuai kebutuhan pengguna.

8. Alto PDF to Word Converter

Aplikasi berikutnya adalah Alto PDF to Word Converter. Aplikasi yang sudah banyak digunakan sejak tahun 2017 ini memang memberikan banyak kemudahan kepada pengguna untuk merubah beberapa jenis file sesuai dengan kebutuhan. Urusan mengubah PDF ke Word pun akan bisa dijalankan dalam beberapa menit saja.

Untuk memakai aplikasi ini langkahnya:

  • Silahkan masuk ke aplikasi Alto PDF to Word Converter.
  • Kemudian unggah file PDF dengan masuk melalui menu Dropbox atau Google Drive.
  • Pilih menu konversi maka file akan masuk ke pengeditan sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah berubah maka file PDF ke Word pun kini bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Penutup

Itulah beberapa cara convert PDF ke Word yang bisa digunakan tanpa aplikasi dan memakai aplikasi tambahan. Dengan memanfaatkan semua cara diatas maka kebutuhan mengubah file akan membantu dalam mendapatkan semua file dokumen yang dibutuhkan. Silahkan mencobanya!