Home » Tutorial » 11 Cara Screenshot di Laptop / PC Windows (Semua Laptop)

11 Cara Screenshot di Laptop / PC Windows (Semua Laptop)

Anah April 20, 2024

Kabarmalut.co.id – Banyak dari pengguna laptop atau PC yang kesulitan untuk mengetahui bagaimana Cara Screenshot di Laptop. Tentu saja kalian bisa melakukannya dengan mudah, dan terdapat beberapa cara efektif untuk mengambil tangkapan layar di PC atau laptop tersebut. Tidak hanya di perangkat ponsel saja, melakukan SS menjadi salah satu kebutuhan semua orang.

Tentu saja dilakukan dengan beberapa keperluan tertentu. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, screenshot merupakan gambar dari hasil tangkapan layar untuk keperluan yang beragam. Misalnya untuk presetntasi, menyalin dan menyimpan diperangkat, atau membagikannya ke jejaring media sosial yang kalian punya secara bebas.

Jadi, screeshot sendiri termasuk salah satu fitur yang sudah tersedia pada perangkat seperti HP, Laptop atau PC, dan sebagainya. Kalian bisa memanfaatkan beberapa kombinasi tombol atau aplikasi screenshot yang sudah tersedia saat ini. Baik berbayar atau gratis, kalian bisa mencobanya dengan mudah dan praktis. Langsung saja, mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Screenshot di Laptop / PC Windows (Semua Laptop)

Cara Screenshot di Laptop

Kalian bisa menemukan beberapa cara untuk bisa mengetahui bagaimana tips untuk screenshot di laptop atau PC yang kalian miliki. Berikut ini, kami juga akan membagikan beberapa cara termudah untuk bisa melakukan screenshot pada perangkat yang kalian gunakan. Tentu saja beberapa cara yang dibagikan sudah umum dan banyak diterapkan oleh semua pengguna laptop atau PC.

Baik menggunakan tombol, aplikasi pihak ketiga dan sebagainya. Kalian bisa mencobanya secara langsung dan praktis. Dari pada penasaran, mari simak detail selengkapnya sebagai berikut.

1. Tombol Print Screen (PrtScn)

Cara Screenshot di Laptop

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk screenshot di laptop atau PC yaitu Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn). Pasalnya cara ini sangat umum dan sudah banyak diterapkan oleh para pengguna laptop. Jadi, untuk mengambil seluruh layar sendiri, kalian hanya perlu tekan tombol print screen. Dan tangkapan layar ini tidak disimpan sebagai berkas.

Baca Juga :   Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome Melalui HP Update 2023

Namun, akan di salin di clipboard dan kalian wajih membuka aplikasi pengeditan gambar misalnya Microsoft word atau Paint. Kemudian, salin screenshot yang berhasil di ambil ke aplikasi. Jika berhasil, kalian bisa menyimpan tangkapan layar ini dengan mudah.

2. Tombol Windows Key + Prtscn

Cara Screenshot di Laptop

Dengan Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn juga memudahkan kalian untuk bisa mengambil tangkapan layar di laptop dengan mudah dan praktis. Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, kalian bisa melakukannya dengan cepat dan tanpa ribet. Untuk melakukan screenshot kalian hanya perlu menekan tombol Windows key + tombol Prtscn.

Maka layar laptop akan meredup sejenak, dan menandakan jika kalian telah mengambil tangkapan layar pada perangkat. Setelah itu, hasil tangkapan layar akan tersimpan di folder gambar > tangkapan layar. Tentu saja cara ini sangat mudah dan bisa kalian coba secara langsung.

3. Tombol Alt + Prtscn

Cara Screenshot di Laptop

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba untuk mengambil tangkapan layar di laptop adalah Menggunakan Tombol Alt + Prtscn dan tak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Kalian bisa melakukannya secara praktis. Jika ingin mengambil screenshot layar secara full kalian bisa menggunakan tombol pintasan keyboard Alt + PrtScn.

Dan pastinya akan mengambil windows kalian yang sedang aktif serta menyalin hasil screenshot tersebut ke layar clipboard. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi editing terlebih dahulu agar bisa menyimpannya secara langsung.

4. Tombol Windows Key + Shift + S

Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop lainnya yaitu dengan Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S, dan cara ini sangat sederhana untuk bisa kalian terapkan dengan mudah. Pasalnya, layar akan meredup sejenak dan Mouse di laptop akan mengalami perubahan. Kalian bisa menarik kursor untuk bisa menentukan bagian layar yang hendak di ambil gambarnya secara langsung.

Setelah itu, hasil screenshot akan disalin ke clipboard dan kalian bisa menempelkannya ke dalam program atau aplikasi piha ketiga lainnya. Jika prosesnya selesai, maka hasil tangkapan layar tadi akan tersimpan pada perangkat laptop yang kalian gunakan.

5. Tombol Logo Windows + Volume Turun

Cara Screenshot di Laptop

Dengan menggunakan Menggunakan Tombol Logo Windows + Volume Turun, kalian bisa melakukan screenshot dengan mudah. Dan jika kalian menggunakan Microsoft Surface, tentu bisa menggunakan tombol Logo Windows + Volume Turun ini untuk mengambil tangkapan layar pada laptop yang kalian punya secara praktis.

Baca Juga :   7 Cara Mengubah Foto ke JPG Melalui Situs dan Aplikasi Online

Pasalnya, cara ini sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet yang kalian miliki. Untuk menerapkan cara ini, pastikan untuk tahan tombol logo windows di bawah layar surface. Setelah itu, tekan tombol volume-turun fisik di sebelah tablet. Maka layar akan meredup sejenak, dan hasil screenshot berhasil di simpan ke dalam perangkat.

6. Menggunakan Game Bar

Cara Screenshot di Laptop

Sebagai pengguna laptop yang ingin melakukan tangkapan layar dengan mudah, maka bisa Menggunakan Game Bar baik ketika tengah bermain game atau tidak. Kalian bisa menekan tombol Windows + G agar bisa menampilkan game bar tersebut. setelah itu, klik tombol screenshot pada game bar atau bisa menggunakan pintasai keyboard default tombol Windows + Alt + PrtScn.

Dengan begitu, kalian bisa mengambil tangkapan layar laptop secara penuh. Selain itu, untuk mengatur pintasan keyboard screenshot game bar sendiri, maka bisa masuk ke pengaturan > game > game bar. Sangat praktis sekali bukan, dan kalian bisa mencobanya sekarang juga.

7. Menggunakan Snipping Tool

Cara Screenshot di Laptop

Snipping tools merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan kalian untuk bisa mengambil tangkapan layar dengan mudah dan cepat. Jadi, kalian bisa mengambil screenshot jauh lebih fleksibel. Misalnya, menggunakan persegi panjang, windows yang aktif hingga layar penuh sekalipun.

Tentu saja caranya sangat mudah dan anti ribet, kalian bisa tekan logo Windows + Shift + s. dengan begitu, kalian bisa langsung menentukan area yang di inginkan untuk mengambil tangkapan layar. Perlu diketahui, jika aplikasi tidak bisa menyimpan layar secara otomatis, melainkan harus menyimpannya secara manual. Setelah berhasil, maka aplikasi ini akan menyalin tangkapan layar ini ke dalam clipboard.

8. Aplikasi Pihak Ketiga – LightShot

Cara Screenshot di Laptop

LightShot menyediakan berbagai opsi didalamnya dan bisa kalian sesuaikan sendiri ketika ingin menangkap layar. Tentu saja aplikasi ini sangat menarik dan sudah banyak digunakan oleh para pengguna. Jadi, dengan menggunakan lightshot kalian bisa mengambil tangkapan layar dan memerlukan proses pengeditan yang lebih signifikan didalamnya. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi LightShot diperangkat laptop.

Aplikasi ini bisa kalian akses secara gratis, untuk memudahkan pengguna ketika akan mengambil tangkapan layar secara full di perangkat laptop atau PC yang digunakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian ingin menerapkan cara tersebut.

Baca Juga :   7 Cara Mengubah JPG ke PDF di HP & Laptop Terlengkap 2023

Cara Screenshot di MacBook Mac OS

Cara Screenshot di Laptop

Untuk kalian para pengguna MacBook Mac OS atau computer Apple, maka bisa mengetahui beberapa Cara Screenshot di MacBook Mac OS. Sama seperti cara-cara diatas, kalian bisa melakukannya dengan mudah dan pastinya cukup memiliki perbedaan yang signifikan.

Untuk bisa Screenshot di MacBook Mac OS, terdapat 3 cara paling mudah yang bisa digunakan. Kalian bisa memanfaatkan kombinasi tombol pada perangkat tersebut. Oleh karena itu, dari pada penasaran silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4

Cara Screenshot di Laptop

Cara pertama yang bisa kalian terapkan dengan Menggunakan Tombol Shift + Command + 4, kalian hanya perlu melakukannya secara berurutan. Dan perlu diketahui, jika cara ini tidak bisa melakukan tangkapan layar secara full.

Jika berhasil menekan tombol tersebut, kalian wajib menggerakkan kursor untuk menentukan area layar yang akan di simpan. Setelah itu, tahan bar spasi dan Tarik kursor untuk bisa menentukan area yang di inginkan secara bebas. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk bisa menangkap layar di Macbook tersebut.

2. Menggunakan Tombol Shift + Command + 3

Cara Screenshot di Laptop

Untuk bisa melakukan screenshot di laptop Macbook, kalian bisa Menggunakan Tombol Shift + Command + 3 dan sangat mudah untuk diterapkan. Berbeda dengan diatas, cara ini akan merekam seluruh layar didalamnya.

Kalian juga bisa mengedit hasil jepretan layar tersebut, dengan cara tekan gambar mini yang tampil di sudut layar Macbook. Jika enggan untuk mengeditnya, maka kalian bisa membiarkannya begitu saja dan secara otomatis tangkapan layar akan tersimpan diperangkat.

3. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4 + Bar Spasi

Cara Screenshot di Laptop

Cara mudah lainnya untuk bisa mengambil tangkapan layar di Laptop MacBook, yaitu Menggunakan Tombol Shift + Command + 4 + Bar Spasi dan tidak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Kalian bisa menggunakan semua kombinasi tombol tersebut, dengan cara klik tombol Bar spasi.

Dengan begitu, hasil tangkapan layar akan tersimpan secara langsung pada perangkat yang digunakan. Kalian bisa mencobanya dengan mudah dan praktis.

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai Cara Screenshot di Laptop yang bisa kalian coba di sistem operasi windows atau Mac OS sekalipun. Kalian bisa memilih salah satu cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah dan praktis. Tentu saja cara ini sangat efektif dan sudah banyak digunakan oleh semua pengguna. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.