Home » Tutorial » Cek Penerima Bansos BLT BBM Subsidi dari Pemerintah 2023

Cek Penerima Bansos BLT BBM Subsidi dari Pemerintah 2023

Anah May 20, 2024

Kabarmalut.co.id – Cek Penerima Bansos bisa kalian lakukan dengan mudah melalui aplikasi cek bansos yang bisa di unduh melalui playstore atau App store. Dan untuk menyimak lebih detail, kalian bisa lihat ulasan ini sampai selesai.

Bansos BBM BLT merupakan bantuan sosial dari pemerintah berupa subsidi langsung tunai BBM atau bahan bakar minyak. Dan bantuan ini tidak bisa diberikan secara langsung sebagai ganti rugi atau kompensasi kebijakan terbaru dari pemerintah. Dimana, keputusan yang berisi tentang kenaikan BBM subsidi.

Lantas berapa bantuan BLT BBM yang didapatkan? Banyak dari masyarakat Indonesia yang antusias dan sibuk mengecek penerima bansos BBM ini. Tentu saja kalian wajib melakukan pendaftarannya terlebih dahulu. Agar nama kalian tercantum pada program bantuan sosial tersebut. Namun, perlu diketahui jika terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus di perhatikan.

Jika kalian berhasil memenuhi semua syarat yang diberikan, maka bisa mengajukan pendaftaran melalui aplikasi cek bansos. Tentu saja cara nya sangat mudah dan bisa kalian lakukan secara mandiri. Banyak orang yang penasaran dan ingin mendapatkan bantuan subsidi BBM dari pemerintah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detailnya sebagai berikut dan kami juga bagikan artikel sebelumnya tentang WA GB.

Besaran Bansos BLT BBM

Cek Penerima Bansos

Perlu diketahui, jika program pemerintah ini menyelenggarakan bantuan untuk masyarakat setiap tahunnya berupa bantuan bahan bakar minyak dan sebagainya. Pasalnya, BBM ini akan dibagikan untuk 20,65 jiwa di Indonesia dengan besaran uang 600 ribu rupiah setiap satu kepala keluarga. Tentu saja pemerintah sendiri yang mengalokasikan bantuan ini.

Dan diberikan secara khusus yang berasal dari proses pengalihan BBM. Dalam keuangan negara sendiri, menyediakan dana yang sangat besar yakni 12,4 triliun rupiah. Jadi, pengalihan subsidi BBM ini pada uang negara untuk penyaluran bantuan langsun tunai (BLT) Bansos BBM. Selain itu, penyelenggaraan bantuan ini akan di lakukan selama beberapa minggu ke depan.

Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM

Cek Penerima Bansos

Bagi kalian yang ingin mengecek apakah kalian terdaftar sebagai penerima Bansos BBM BLT tersebut atau sebaliknya. Maka bisa melakukannya dengan mudah, melalui beberapa cara kalian bisa mengeceknya secara langsung melalui smartphone android. Selain melakukan pengecekan, kalian juga bisa mendaftarkan diri sebagai penerima bansos BLT BBM tersebut.

Baca Juga :   9 Cara Live di TikTok Melalui Android, iOS, dan PC/Laptop

Kalian dapat mengajukan diri sebagai calon penerima bantuan BBM tersebut lewat Program usul sanggah. Tentu saja caranya sangat mudah dan kalian bisa menyelesaikannya dengan praktis. Perlu diketahui, jika Program Usul Sanggah ini termasuk fitur yang ada di aplikasi cek bantuan sosial. Kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pendaftaran diri.

Fitur ini memang diberikan kepada orang yang tidak mendapatkan BLT BBM tersebut padahal mereka berhak mendapatkan bantuan tersebut. Pemerintah sendiri membebaskan masyarakat untuk mengunduh aplikasi tersebut dan menggunakan fitur didalamnya. Dengan begitu, kalian dapat melakukan pendaftaran atau memverifikasi data agar bisa mendapatkan bantuan BLT BBM.

Terdapat beberapa cara lainnya untuk bisa melakukan pendaftaran diri dengan mudah. Kalian bisa mencoba untuk menghubungi di nomor 021-171 Command Center Kementerian Sosial. Lantas bagaimana Cara Pengecekan Penerima Bansos BLT BBM? Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Pengecekan Penerima Bansos BLT BBM

Cek Penerima Bansos

Tidak banyak dari kalangan masyarakat yang mengetahui bagaimana Cara Pengecekan Penerima Bansos BLT BBM. Tentu saja kalian bisa melakukannya dengan mudah melalui beberapa panduan yang akan kami bagikan sebagai berikut.

  1. Kalian bisa masuk ke link cek bansos kemensos melalui web browser
  2. Setelah itu, masukkan data wilayah sebagai penerima mulai dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal
  3. Masukkan nama sesuai dengan NIK KTP
  4. Lalu, ketika 8 digit atau huruf kode yang ada pada layar pada kotak kode sebagai captcha dan menggunakan spasi
  5. Jika kode yang diberikan kurang jelas, maka kalian bisa klik ikon untuk mendapatkan kode baru
  6. Cek kembali dan pastikan jika semua data yang diberikan sudah benar
  7. Lalu tekan tombol Cari Data
  8. Maka nama kalian akan muncul jika memang sudah resmi terdaftar sebagai penerima BLT BBM
  9. Selesai

Syarat Dan Ketentuan Menerima Bansos BLT BBM

Cek Penerima Bansos

Sebelum melakukan pengecekan bantuan sosial dari pemerintah ini, pastikan untuk mengetahui beberapa Syarat Dan Ketentuan Menerima Bansos BLT BBM. Tentu saja ketentuan ini sudah di tetapkan oleh para pemerintah. Kalian bisa menyimak detailnya secara lengkap dibawah ini.

  • WNI yang rentan miskin
  • Masyarakat dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, ataupun Polri
  • Sudah terdaftar sebagai KPM (keluarga penerima manfaat) dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos
  • Warga yang memiliki penghasilan di bawah 3,5 juta rupiah
Baca Juga :   Cara Mengirim Folder Lewat Email di HP/Laptop Lebih Dari Satu File

Dan untuk syarat pendaftaran sendiri sebagai penerima bansos BLT BBM ini, pastikan kalian sudah memenuhi semua ketentuan yang diberikan. Agar kalian dapat menerima bantuan dari pemerintah dengan mudah. Namun, jika kalian sudah memenuhi syarat dan nama kalian tidak tercantum pada data pastikan untuk mengajukan serta mendaftarkan diri secara pribadi.

Kalian bisa menggunakan aplikasi cek bansos untuk menerima BLT Bahan bakar minyak tersebut. Dan kalian juga dapat mendaftarkan orang lain untuk menerima bantuan langsung tunai BBM ini. Dan jika kalian menemukan beberapa orang yang tidak berhak menerima bantuan ini, maka bisa melaporkannya secara langsung.

Aplikasi Cek Bansos

Cek Penerima Bansos

Aplikasi Cek Bansos ini bisa kalian install dengan mudah melalui Google playstore atau app store dan mengaksesnya dengan mudah. Jadi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk kalangan masyarakat melihat kepesertann BLT BBM tersebut. Dan bantuan sosial ini diantaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Tentu saja fitur didalam aplikasi ini sangat berguna untuk memudahkan kalian ketika melakukan pendaftaran dengan praktis. Jadi, masyarakat pengguna aplikasi bisa melihat daftar naama penerima bantuan sosial tersebut di sekitar wilayah administrasi. Silahkan simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Fitur Usul

Cek Penerima Bansos

Fitur ini bisa kalian gunakan untuk menambahkan nama dari semua orang baik keluarga atau pihak luar keluarga sekalipun. Jadi, pihak masyarakat sendiri memang bisa mendapatkan bantuan BBM tersebut. Silahkan ikuti panduan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Download aplikasi cek bansos di playstore atau app store
  2. Kemudian, install dan buka aplikasinya
  3. Klik menu Daftar Usulan
  4. Lalu tekan tombol Tambah Usulan
  5. Kalian bisa memasukkan formulir yang sesuai dengan data asli kependudukan masyarakat calon penerima manfaat
  6. Masukkan jenis bantuan sosial yang ingin didapatkan seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Keluarga Harapan (PKH)
  7. Kemudian, unggah foto KTP calon penerima manfaat, foto rumah dari bagian depan
  8. Unggah data tersebut dengan lengkap
  9. Jika berhasil mengajukan nama, maka pihak pemerintah akan melakukan verifikasi data
  10. Dan data yang berhasil di verifikasi berhak menerima bansos BLT BBM sebanyak 600 rupiah
  11. Kalian bisa mendapatkan informasi lebih lanjut, jadi pastikan untuk cek status bantuan secara berkala
Baca Juga :   Cara Download Video Tiktok Lewat Situs & Aplikasi No Watermark

Fitur Sanggah

Cek Penerima Bansos

Terdapat pula fitur sanggah yang bisa kalian gunakan, dan fitur ini merupakan kebalikan dari fitur usul sebelumnya. Kalian bisa mendaftarkan diri sebagai calon penerima manfaat bantuan sosial. Dan fitur sanggah ini bisa digunakan untuk menilai apakah semua seorang yang mendapatkan BLT sudah layak atau tidak. Ikuti panduannya sebagai berikut.

  1. Download dan instakk aplikasi cek bansos di playstore atau app store
  2. Install dan buka aplikasinya
  3. Klik Tanggapan Kelayakan
  4. Jika sudah, maka akan tampil halaman depan yang berisi data BLT wilayah kalian
  5. Kalian bisa memberikan tanggapan serta penilaian jika nama masyarakat mendapatkan bantuan sosial yang layak
  6. Tekan ikon jempol ke bagian atas, jadi orang tersebut sudah layak menerima bantuan sosial pemerintah
  7. Kalian bisa memberikan tanggapan serta penilaian kalian di data masyarakat yang menurut kalian tidak layak mendapatkan bantuan tersebut
  8. Lalu tekan ikon jempol terbalik yang menghadap ke bagian bawah di nama masyarakat yang tidak layak menerima bantuan
  9. Kalian bisa memasukkan alasan secara bebas
  10. Klik menu Kirimkan Tanggapan
  11. Maka tanggapan sudah berhasil di kirimkan
  12. Selesai

Kontak Kementerian Sosial

Jika kalian menemukan beberapa masalah atau mencurigai bantuan yang salah diberikan, maka bisa menghubungi Kontak Kementrian Sosial di hotline bantuan dengan nomor 08111022210. Atau bisa mengirimkan pengaduan [email protected]. Dan nomor email ini bisa digunakan untuk melaporkan pengaduan saja.

Dan pengaduan yang dimaksud adalah berupa bantuan langsung tunai yang dikirimkan salah sasaran dan sebagainya. Kalian juga bisa melaporkan mengenai penyalahgunaan dana atau dana pungutan liar. Untuk pendaftaran bansos sendiri kalian bisa menghubungi Kontak Kementrian Sosial yang sudah tercantum diartikel ini.

Penutup

Sekian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Cek Penerima Bansos untuk bisa kalian terapkan secara langsung. Tentu saja kalian bisa melakukan pendaftaran dengan mudah melalui cara yang sudah kami berikan diartikel ini secara praktis. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.