Home » Agama » 7 Doa Menyambut Ramadhan Agar Iman Dan Hati Kuat Jalankan Puasa

7 Doa Menyambut Ramadhan Agar Iman Dan Hati Kuat Jalankan Puasa

Yodik April 17, 2024

Kabarmalut.co.id – Doa menyambut Ramadhan menjadi amalan yang wajib dibaca umat Muslim sebelum hari suci ini tiba. Dengan membaca sejumlah doa tersebut, maka ibadah puasa yang nantinya dijalankan semua umat Muslim bisa diterima oleh Allah SWT dan memberikan keberkahan sampai hari Idul Fitri nanti. Doa ini lebih baik dibaca jauh-jauh hari sebelum masuk bulan Ramadhan.

Amalan doa ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh setiap Muslim tanpa harus berjamaah. Disamping menjalankan ibadah harian wajib, sejumlah doa memang harus terus teriringi agar para Muslim tetap dekat dengan Allah. Kedepannya ibadah puasa Ramadhan pun tidak akan pernah terganggu dan setiap Muslim bisa menjalankan puasa lebih siap.

Ada sejumlah doa yang wajib dibaca umat Muslim sebelum datangnya bulan Ramadhan. Doa-doa ini berdasarkan hadist dan ayat Al-Qur’an yang diriwayatkan oleh Rasullullah SAW. Berikut ini sejumlah doa yang bisa diamalkan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Hadist

Amalan doa menyambut Ramadhan sudah di riwayatkan sejumlah ahli ibadah dan Rasullullah SAW. Setidaknya ada dua sumber doa yang bisa dibaca menjelang puasa Ramadhan tiba. Dibawah ini ada amalan doa yang di tuliskan dalam Hadist dan Al-Qur’an yang bisa dibaca.

Didalam Hadist terdapat sejumlah amalan yang bisa dilakukan semua umat islam menjelang puasa Ramadhan. Supaya keimanan semakin meningkat maka doa-doa ini harus dibaca lebih rutin menjelang ibadah puasa ini dimulai. Inilah beberapa doa yang bisa diucapkan.

1. Doa Kembali Dipertemukan dengan Ramadhan

Setiap bertemu dengan bulan puasa Ramadhan, tentu saja setiap Muslim harus menyambutnya dengan gembira. Itulah kenapa semua Muslim harus membaca doa kembali dipertemukan dengan Ramadhan sebagai rasa syukur kembali bisa melaksanakan ibadah puasa ditahun ini.

Dengan membaca doa ini rutin, maka para Muslim akan semakin diberikan kesempatan untuk bisa merasakan ibadah puasa ramadhan ditahun berikutnya. Hal ini dikhususkan untuk Allah SWT atas kesempatan bisa menikmati Ramadhan di tahun ini dan keinginan untuk tahun depan.

Bacaan doa untuk dipertemukan kembali dengan Ramadhan adalah:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ

Bacaan latinnya:

“ALLAHUMMA BAARIKLANA FI ROJABI WA SYA’BANA WA BALLIGHNA ROMADHONA.”

2. Doa Pertolongan

Setiap Muslim selalu diberikan cobaan dan masalah, dimana hal ini tentu saja akan memberikan tekanan serta rapuhnya jiwa seorang Muslim. Hal ini akan semakin hilang sendirinya dari pikiran semua Muslim jika mereka mau memperkokoh iman dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Baca Juga :   Doa Ziarah Kubur, Lengkap Dengan Arti dan Manfaatnya

Ketika ibadah puasa Ramadhan akan tiba, biasanya banyak masalah yang datang. Dengan meminta pertolongan kepada Allah maka para Muslim akan semakin dimudahkan dalam semua permasalahannya. Bahkan setelah itu mereka akan yakin jika pertolongan Allah akan memudahkan dalam mengatasi masalah itu.

Supaya pertolongan Allah SWT bisa diperoleh, semua Muslim harus membaca doa berikut ini:

لَّهُمَّ إِنِّيٍ أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Bacaan latinnya:

“ALLOHUMMA INNI A’UUDZU BIKA MIN ZAWAALI NI’MATIK, WA TAHAWWULI ‘AAFIYATIK, WA FUJIAA’ATI NIQMATIK, WA JAMII’I SAKHOTHIK.”

Dengan pertolongan Allah maka semua Muslim akan diberikan ketebalan iman dan taqwa. Selain itu keselamatan dunia akhirat akan menjadi jaminan Allah SWT.

3. Doa Supaya Ibadah Ramadhan Diterima

Doa menyambut Ramadhan berikutnya yang juga bisa diamalkan adalah doa supaya ibadah yang dijalankan selama bulan Ramadhan bisa diterima oleh Allah SWT. Selama bulan ramadhan, semua Muslim pasti akan meningatkan ibadah mereka. Bahkan amalan yang menjadikan pahala besar pun dilakukan dengan rutin setiap harinya.

Tujuan paling utama adalah diterimanya semua ibadah dari awal sampai akhir ramadhan. Doa yang bisa diucapkan adalah:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً.

Bacaan Latinnya:

“ALLAAHUMMA SAL LIMNI ILAA RAMADHAN, WA SAL LIM LII RAMADHAN, WASAL LIM HUMINNI MUTAQABBALAA.”

Hadist dari Lathaif Al-Ma’arif ini berisikan amalan kepada Allah SWT untuk diberikan kelancaran dari awal hingga akhir bulan Ramadhan sehingga Allah menerima semua amalan yang sudah dijalankan selama satu bulan penuh.

4. Doa Mengharap Keberkahan

Doa yang juga wajib dibaca oleh setiap Muslim adalah doa mengharap keberkahan dari Allah SWT. Doa ini memang menjadi salah satu kunci jika semua ibadah di bulan Ramadhan bisa memberikan banyak keberkahan bagi pribadi Muslim yang menjalankannya.

Apabila ibadah tidak mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, tentu saja semua hal yang sudah dilakukan atau ibadah yang diamalkan oleh setiap Muslim tidak ada gunanya atau sia-sia belaka. Untuk mendapatkan keberkahan doa yang dibaca adalah:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Bacaan latinnya:

“ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FIDDIINI, WA’AAFIYATAN FIL JASADI, WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI, WA BARAKATAN FIR-RIZQI, WA TAUBATAN QABLAL MAUTI, WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI, WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUTI.”

5. Doa Syukur

Berikutnya doa menyambut Ramadhan yang juga harus dibaca oleh semua Muslim adalah doa sebagai salah satu bentuk syukur. Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT maka semua Muslim akan diberikan kesempatan bisa merasakan, melaksanakan dan kembali dipertemukan di bulan Ramadhan berikutnya.

Membaca syukur juga menjadi salah satu kewajiban yang harus diucapkan kepada Allah SWT. Karena dengan menerima apa saja pemberian Allah maka semua Muslim akan diberikan keberkahan dalam semua ibadah selama bulan Ramadhan. Inilah bacaannya:

Baca Juga :   Bacaan Doa Mandi Wajib, Lengkap dengan Tata Caranya

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Bacaan latinnya:

“RABBI AUZI’NII AN ASYKURA NI’MATAKALLATII AN’AMTA ‘ALAYYA WA ‘ALAA WAALIDAYYA WA AN A’MALA ṢAALIḤAN TARḌAAHU WA ADKHILNII BIRAḤMATIKA FII ‘IBAADIKAṢ-ṢAALIHIIN”

Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Al-Qur’an

Al-Qur’an menjadi sumber dari semua hal yang mencakup aturan, kehidupan makluk hidup di dunia dan sejumlah ahli ibadah dalam menjalan ibadah sesuai anjuran agama Islam. Doa menyambut Ramadhan juga tertuliskan lengkap didalam beberapa ayat Al-Qur’an. Beberapa doa tersebut antara lain:

1. Doa Suka Cita Menyambut Ramadhan

Setiap datangnya bulan Ramadan para Muslim akan mendapatkan kesempatan memperoleh berkah besar di dalam semua ibadahnya. Itulah kenapa bulan suci ini memiliki arti yang begitu penting bagi setiap pemeluk agama Islam. Tentu saja bulan Ramadan harus disambut dengan sukacita yang mendalam oleh para Muslim.

Dengan memanjatkan banyak doa pada awal bulan Ramadan, tentu saja hal ini menjadi salah satu bentuk rasa sukacita karena kembali dipertemukan dengan bulan penuh berkah ini. Karena masih diberikan kesempatan bisa menikmati bulan Ramadan dan semua ibadah di dalamnya, para Muslim harus mengungkapkannya melalui doa khusus kepada Allah SWT.

للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Bacaan latinnya:

“ALLAHU AKBAR! ALLAHUMMA AHILLAHU ‘ALAYNA BIL-AMNI WAL IIMAANI WASSALAAMATI WAL ISLAAMI, WAT-TAUFIIQI LIMAA TUHBBU WA TARDHO, ROBUNAA WA ROBBUKALLAHU.”

Dengan membaca ayat diatas, maka setiap Muslim akan menganggap jika bulan Ramadhan menjadi bulan yang indah untuk disambut kembali pada setiap tahunnya.

2. Doa Memahami Kewajiban

Berikutnya doa menyambut Ramadhan yang bisa dibaca adalah doa menyadari dan memahami jika bulan Ramadhan menjadi sebuah ibadah wajib yang harus dijalankan dengan benar. Hal ini akan menyadarkan diri jika semua ibadah di bulan suci ini sebagai salah satu bentuk ketaatan Muslim kepada Allah SWT.

Doa memahami kewajiban seorang Muslim ini tertuang dalam QS Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

    اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Bacaan latinnya:

“AYYĀMAM MA’DỤDĀT, FA MANG KĀNA MINGKUM MARĪḌAN AU ‘ALĀ SAFARIN FA ‘IDDATUM MIN AYYĀMIN UKHAR, WA ‘ALALLAŻĪNA YUṬĪQỤNAHỤ FIDYATUN ṬA’ĀMU MISKĪN, FA MAN TAṬAWWA’A KHAIRAN FA HUWA KHAIRUL LAH, WA AN TAṢỤMỤ KHAIRUL LAKUM ING KUNTUM TA’LAMỤN”

Setiap Muslim yang memenuhi syarat harus menjalankan ibadah Puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Dan barang siapa yang meninggalkanya maka harus wajib membayar fidiah yakni memberikan jaminan makanan kepada fakir miskin.

Baca Juga :   Tips Puasa Saat Menyusui Dan Beberapa Manfaatnya

Jika Muslim sudah rela dalam mengerjakan kebajikan dan beribadah dengan menjalankan Puasa, maka Allah SWT akan memberikan banyak keberkahan dan jaminan pahala besar selama Ramadhan.

Cara Menambah Keimanan Selama Bulan Ramadhan

Bukan hanya memanjatkan doa menyambut Ramadhan saja, semua umat Muslim juga harus meningkatkan rasa keimanan selama bulan Ramadhan. Sejumlah cara dan tindakan yang harus dilakukan para Muslim antara lain:

1. Meningkatkan Ilmu

Tidak hanya amalan doa, semua Muslim yang ingin menambah keimanan juga harus membekali dirinya dengan ilmu agama yang kuat. Karena amalan tanpa ilmu yang pasti, tidak akan pernah bisa mendekatkan diri dengan Allah SWT. Beberapa langkah dalam membekali diri dengan keilmuan agama antara lain:

  • Mengikuti berbagai tausiyah keagamaan yang akan memberikan banyak tambahan keilmuan mengenai islam yang sesungguhnya.
  • Membaca buku keagamaan untuk memperdalam materi keagamaan.
  • Melakukan silaturahmi ke pada kyai untuk membekali diri dengan banyak masukan ilmu Islam dari mereka.
  • Menerapkan semua hal dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perintah agama dan menjauhi semua larangannya.

Namun tidak hanya itu saja, membekali diri dengan keilmuan juga membutuhkan pendamping yang sudah memiliki ilmu agama lebih tinggi dari kita yang masih ingin banyak mendapatkan pengalaman.

2. Menjaga Lisan

Semua Muslim juga harus menjaga lisan selama bulan Puasa Ramadhan. Apalagi selama ramadhan perkataan dan perbuatan tidak boleh menyakiti orang lain. Jika salah maka harus segera meminta maaf dan hindari apa saja yang bisa memberikan rasa kurang menyenangkan untuk sesame Muslim lain yang sedang beribadah.

3. Menjaga Hati

Selain membaca doa menjelang Ramadhan maka para Muslim harus bisa menjaga hatinya. Hal yang paling dilaknat oleh Allah SWT adalah timbulnya rasa iri oleh sesame umat Muslim. Dengan berbuat iri maka Allah akan mencabut semua kenikmatan yang diberikannya. Hindari sikap ini jika ingin tetap bahagia dunia dan akhirat.

4. Meningkatkan Ibadah Wajib

Semua Muslim harus meningkatkan semua ibadah wajib jika ingin mendapatkan banyak pahala. Hal ini juga bisa dijadikan salah satu kunci dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan memulai mengatur waktu dan membiasakan diri menjalankan ibadah wajib, maka Allah akan semakin mencintai semua umatnya.

5. Menambah Ibadah Sunnah

Banyak ibadah sunnah yang selama ini sudah dijalankan oleh Rosullullah SAW namun belum benar dilaksanakan oleh pengikutnya. Dengan membiasakan ibadah sunnah sesuai apa yang sudah dijalankan beliau, maka keimanan akan semakin bertambah dan para Muslim akan semakin mendapatkan pahala besar dari Allah SWT.

Penutup

Itulah sejumlah doa menyambut Ramadhan yang wajib diamalkan oleh semua Muslim dan beberapa perilaku yang bisa digunakan untuk mempertebal rasa keimanan selama bulan Puasa. Dengan menjalankan dan melaksanakannya, maka Anda akan menjadi salah satu umat yang di cintai Allah SWT.