Home » Agama » Niat Sholat Tarawih, Lengkap Dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Niat Sholat Tarawih, Lengkap Dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Yodik April 20, 2024

Kabarmalut.co.id – Sholat Tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan, yang merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Ibadah ini dilakukan setelah sholat Isya’ dan sebelum sholat Shubuh. Niat sholat tarawih adalah untuk mendapatkan pahala yang besar serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sholat Tarawih dilakukan selama bulan Ramadan karena pada bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadr. Sholat Tarawih juga dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pahala yang besar, menghapus dosa-dosa, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, sholat tarawih juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadan.

Namun, niat sholat tarawih bukanlah semata-mata untuk mendapatkan pahala atau memperbanyak amalan semata, namun juga untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dengan melaksanakan sholat tarawih, umat Islam dapat merenungkan kebesaran Allah SWT, serta memperkuat rasa ikhlas dalam beribadah.

Oleh karena itu, niat sholat tarawih haruslah dilakukan dengan kesungguhan hati dan tulus ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Dalam melaksanakan sholat tarawih, perlu diingat bahwa kekhusyukan dan khusyuk dalam beribadah adalah kunci untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan sholat tarawih dengan sempurna dan mendapatkan ridho-Nya.

Apa Itu Sholat Tarawih?

Sholat Tarawih adalah ibadah sunnah yang dilaksanakan setiap malam pada bulan Ramadan, setelah sholat Isya’ dan sebelum sholat Shubuh. Sholat Tarawih terdiri dari dua belas rakaat, yang dilakukan dalam empat rakaat per satuannya, dan setiap dua rakaat dipisahkan oleh istirahat sejenak.

Sholat Tarawih merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Dilakukan di malam hari, sholat tarawih bertujuan untuk menambah pahala, memperbanyak ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah sholat tarawih juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Islam.

Baca Juga :   Niat Sholat Taubat, Lengkap Dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Selama pelaksanaan sholat tarawih, seorang muslim harus memperhatikan beberapa hal:

1. Persiapan Fisik dan Mental

Pertama, persiapan fisik dan mental sangat penting dalam menjalankan ibadah ini. Seorang muslim harus memastikan bahwa dia dalam keadaan bersih dan suci, serta mempersiapkan pikiran dan hatinya untuk beribadah dengan khusyuk dan ikhlas.

2. Lakukan Tata Cara Sholat Tarawih dengan Benar

Tata cara pelaksanaan sholat tarawih harus dilakukan dengan benar. Seorang muslim harus memahami gerakan dan doa yang dilakukan dalam sholat tarawih, serta memastikan bahwa gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Banyak diantara umat Islam yang mengikuti bacaan imam dengan membaca di hati atau mengikuti gerakan imam.

3. Jaga Kekhusyukan

Ketertiban dan kekhusyukan dalam sholat tarawih juga sangat penting. Sholat tarawih dilaksanakan secara berjamaah, oleh karena itu, seorang muslim harus memperhatikan ketertiban dan tidak mengganggu orang lain dalam melaksanakan sholat.

Di dalam sholat tarawih, seorang muslim harus memperhatikan kekhusyukan dan menjaga konsentrasi agar dapat merenungkan kebesaran Allah SWT dengan lebih baik.

4. Atur Niat dan Tujuan

Mengatur niat dan tujuan dalam pelaksanaan sholat tarawih juga sangat penting. Seorang muslim harus memastikan bahwa niat dan tujuan sholat tarawih dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih pahala yang besar, bukan untuk tujuan lain seperti mencari popularitas atau pujian dari orang lain.

Dalam menjalankan ibadah sholat tarawih, seorang muslim harus memperhatikan hal-hal di atas.

Sholat tarawih bukan hanya sekedar menjalankan gerakan sholat saja, tetapi juga melibatkan kesungguhan hati dan perhatian yang serius terhadap pelaksanaan ibadah tersebut. Dengan demikian, seorang muslim dapat memperoleh manfaat dan keutamaan dari sholat tarawih.

Anjuran Sholat Tarawih Menurut Hadits

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat malam (tarawih) dengan Imam sampai selesai, dianggap sebagai orang yang sholat semalaman penuh.” Oleh karena itu, disarankan untuk melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid atau mushalla.

Selain itu ada juga anjuran lain untuk melaksanakan sholat tarawih. Misalnya saja Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat Isya dengan Imam, maka baginya seperti dia sholat setengah malam.

Dan barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh dengan Imam, maka baginya seperti dia sholat semalam penuh.” Dalam melaksanakan sholat tarawih juga ada baiknya untuk menggunakan bacaan Al-Qur’an yang panjang.

“Siapa yang membaca seratus ayat dalam sholat malam (tarawih), dia dicatat sebagai orang yang qiyamul lail (sholat malam) selama satu malam.” Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan bacaan Al-Quran yang panjang pada setiap rakaat sholat tarawih.

Baca Juga :   Bacaan Niat Sholat Hajat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaannya

Niat Sholat Tarawih

Saat akan memulai sholat tarawih, setiaporang harus membaca niatnya lebih dulu. JIka belum tahu niatnya, berikut bacaannya:

1. Niat Sholat Tarawih di Rumah Sendirian

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

“Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT.”

2. Niat Sholat Tarawih Berjamaah Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah.”

3. Niat Sholat Tarawih Berjamaah untuk Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah.”

Berapa Kali Niat Sholat Tarawih Dibaca?

Niat sholat tarawih dibaca satu kali saja, yaitu pada saat hendak memulai sholat tarawih. Setelah itu, selama sholat tarawih berlangsung, tidak perlu membaca niat lagi karena niat sudah dianggap sah dan cukup dengan sekali baca di awal sholat.

Namun, jika ada kesalahan dalam sholat, misalnya terjadi kesalahan dalam jumlah rakaat, maka harus mengulang niat sebelum melanjutkan sholat dengan benar.

Sholat Tarawih Jam Berapa?

Waktu pelaksanaan sholat tarawih dimulai setelah sholat Isya dan berakhir sebelum sholat Subuh. Namun, tidak ada waktu khusus yang telah ditetapkan dalam agama Islam untuk melaksanakan sholat tarawih. Sholat tarawih bisa dilaksanakan pada malam hari setelah sholat Isya sampai sebelum waktu sholat Subuh tiba.

Namun, ada beberapa masjid yang mengadakan sholat tarawih dengan waktu yang sudah ditentukan, misalnya setelah selesai sholat Isya pada pukul 20.00 atau 20.30. Waktu pelaksanaan sholat tarawih juga dapat berbeda-beda tergantung pada kebiasaan dan tradisi masyarakat setempat.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tarawih dan Witir

Berikut ini adalah tata cara sholat tarawih dan witir yang benar:

1. Niat Sholat

Sebelum memulai sholat tarawih atau witir, bacalah niat sholat terlebih dahulu di dalam hati.

2. Sholat Tarawih

Selanjutnya bisa langsung melaksanakan sholat tarawih:

  • Berdiri dengan khusyuk dan menghadap kiblat.
  • b. Membaca takbiratul ihram untuk memulai sholat.
  • c. Membaca surat Al-Fatihah. d. Membaca salah satu surat pendek dari Al-Quran pada setiap rakaatnya.
  • e. Melakukan rukuk, iktidal, dan sujud seperti dalam sholat biasa.
  • f. Mengulangi langkah-langkah tersebut hingga selesai sholat tarawih.

3. Sholat Witir

Bisa melanjutkan sholat tarawih dengan sholat witir:

  • Setelah selesai sholat tarawih, berdiri untuk melaksanakan sholat witir.
  • Membaca takbiratul ihram.
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat pendek dari Al-Quran.
  • Melakukan rukuk, iktidal, dan sujud seperti dalam sholat biasa.
  • Setelah sujud terakhir, membaca doa qunut (bacaan doa ini bisa di-skip jika tidak terbiasa membacanya).
  • Membaca takbir lalu melakukan salam ke kanan dan ke kiri untuk menandakan selesai sholat.
Baca Juga :   Bacaan Doa Mandi Wajib, Lengkap dengan Tata Caranya

4. Salam

Setelah selesai sholat witir, memberikan salam ke kanan dan kiri sebagai tanda selesai sholat. Itulah tata cara sholat tarawih dan witir yang benar. Semoga bermanfaat.

Keutamaan Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan di bulan Ramadan. Sholat ini dilaksanakan setelah sholat Isya dan sebelum sholat Subuh. Dalam agama Islam, sholat tarawih memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Muslim. Berikut ini adalah beberapa keutamaan sholat tarawih yakni:

1. Meningkatkan Iman dan Ketaqwaan

Melaksanakan sholat tarawih dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sholat tarawih dapat membantu umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap langkah sholat.

2. Meningkatkan Kualitas Sholat

Dalam sholat tarawih, umat Muslim diharuskan melaksanakan sholat dengan khusyuk dan khudhu’ (merenungkan makna ayat-ayat Al-Quran yang dibaca). Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas sholat sehari-hari dan lebih memperhatikan gerakan dan bacaan dalam sholat.

3. Pahala yang Besar Sholat

Sholat tarawih termasuk dalam ibadah sunnah yang dianjurkan. Oleh karena itu, melaksanakan sholat tarawih dapat memberikan pahala yang besar dari Allah SWT. Semakin banyak rakaat sholat tarawih yang dilaksanakan, semakin besar pula pahala yang akan diterima.

4. Menyucikan Hati dan Jiwa

Melaksanakan sholat tarawih juga dapat membantu umat Muslim untuk menyucikan hati dan jiwa. Sholat tarawih dapat menjadi momen untuk merenungkan segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

5. Menghidupkan Tradisi Sunnah

Sholat tarawih juga dapat membantu menghidupkan tradisi sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam melaksanakan sholat tarawih, umat Muslim dapat mengikuti contoh Rasulullah dalam melaksanakan ibadah.

6. Membentuk Kedisiplinan

Melaksanakan sholat tarawih juga dapat membantu membentuk kedisiplinan dalam diri umat Muslim. Dalam melaksanakan sholat tarawih, umat Muslim diharuskan untuk mengatur waktu dan melaksanakan sholat secara teratur setiap malam.

7. Meningkatkan Kebersamaan

Sholat tarawih juga dapat menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan di antara umat Muslim. Melaksanakan sholat tarawih di masjid bersama-sama dengan sesama umat Muslim dapat membantu mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan persaudaraan di antara mereka.

8. Memperkuat Iman dan Motivasi

Melaksanakan sholat tarawih dapat membantu memperkuat iman dan motivasi umat Muslim. Dalam bulan Ramadan yang penuh berkah ini, umat Muslim dapat merasa semakin termotivasi untuk melaksanakan ibadah dan memperkuat iman mereka.

Penutup

Itulah bacaan niat sholat tarawih yang harus dibaca. Selain itu sudah dijelaskan juga beberapa penjelasan tentang sholat tarawih dan beberapa pengetahuan lain termasuk keutamaannya.