Home » Wisata » 15 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal Dan Murah, Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal Dan Murah, Wajib Dikunjungi

Yodik April 18, 2024

Kabarmalut.co.id – Jogja tidak pernah kehabisan destinasi wisata untuk kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga sederet wisata buatan yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Tempat wisata di Jogja bahkan membuatmu ingin berkunjung kembali.

Wisata Jogja menyajikan beragam kesan yang bisa kamu pilih tergantung suasana liburan yang kamu inginkan. Jika ingin wisata menantang, kamu bisa datang ke Gondola Pantai Timang atau cave tubing di Goa Pindul.

Atau jika ingin wisata edukatif kamu bisa mengunjungi sederet wisata sejarah dan juga keraton Jogja. Bisa juga wisata menenangkan seperti menikmati suasana Malioboro atau sunset di pantai.

Daftar Wisata Jogja Paling Populer

Saat memutuskan untuk berwisata ke Jogja, kamu pasti dibuat dilema karena banyaknya destinasi yang menarik. Bahkan seluruh wisatanya tidak aka cukup jika ingin kamu datangi dalam sekali kunjungan. Maka berikut daftar tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi referensi liburanmu:

1. Candi Borobudur

Top list wisata Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Candi Borobudur. Candi Buddha terbesar di dunia ini menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja yang selalu menarik wisatawan. Dibangun sejak abad ke-9, struktur bangunan candi ini masih terjaga dengan baik dan kokoh.

Dari pusat kota Jogja, hanya dibutuhkan perjalanan sekitar 1,5 jam untuk mencapai lokasi wisata ini. jika ingin mendapatkan suasana terbaik, maka kamu bisa berkunjung saat pagi hari.

Selain menikmati bangunan candi dan bangunan alam, kamu juga bisa mengunjungi dua museum di kompleks candi. Museum pertama adalah Samudera Raksa yang menyimpan koleksi sejarah dan informasi terkait perdagangan Asia. Kemudian ada museum Karmawibhangga yang menyimpan informasi terkait pembangunan candi.

2. Candi Prambanan

Disamping Candi Borobudur, Candi Pramabanan juga tidak boleh kamu lewatkan. Agar lebih hemat, kamu bahkan bisa mengambil dua destinasi ini dalam satu paket wisata. Kebetulan letaknya juga tidak begitu jauh jadi sekali jalan kamu sudah bisa mengunungi dua destinasi unggulan.

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan candi bercorak Hindu. Maka kamu akan menemukan banyak ornamen bercorak hindu dalam candi setinggi 47 meter ini.

3. Candi Mendut

Masih seputar candi, kamu uga bisa sekaligus mampir ke Candi Mendut. Sebagai salah satu wisata budaya, kawasan Candi Mendut terkenal sebagai lokasi piknik populer. Dengan pemandangan yang asri, wisata ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata di Garut yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Dari pusat kota Jogja, kamu bisa mengunjungi candi ini dengan perjalanan sejauh 16 km. Akses jalannya juga sudah mulus sehingga kamu bisa mencapai lokasi dengan mudah.

4. Malioboro

Berkunjung ke Jogja, tentunya kurang lengkap jika tidak mampir ke Malioboro. Kawasan ini adalah tempat dimana kamu bisa belanja serta mencari penginapan yang terjangkau. Kawasan Malioboro juga cocok untuk sekedar berjalan-jalan santai atau berburu gudeg.

Malioboro letaknya berada di jantung kota Jogja sehingga kamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Bisa kamu kunjungi sekaligus mampir dibeberapa destinasi lain atau sekedar lewat untuk mengintip suasananya.

5. Pantai Parangtritis

Selain pantai Pacitan, pantai Jogja juga terkenal dengan viewnya yang indah. Maka kamu harus mengunjungi setidaknya satu pantai saat berkunjung ke tempat wisata di Jogja. Salah satu yang direkomendasikan sebagai top list adalah Pantai Parangtritis.

Dengan menempuh perjalanan sejauh 27 km dari pusat kota, kamu sudah bisa menikmati indahnya pantai ini. Paling tepat berkunjung saat sore karena pantai ini terkenal dengan sunset romantisnya.

6. Pantai Indrayanti

Masih seputar pantai, Indrayanti juga tidak boleh kamu lewatkan karena memiliki pesona yang unik. Pantai ini memiliki pasir putih yang membuatnya tampak indah serta air yang sangat jernih. Terlebih suasana malam di pantai ini terkenal sangat menentramkan.

Untuk menuju pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 2 jam  atau 66 km dari pusat kota. Terbilang sedikit jauh karena jalannya memang berbelok-belok. Namun jangan khawatir karena kondisi jalannya mulus sehingga aman untuk berkendara.

Jika tidak ingin ketinggalan sunset di pantai ini, maka kamu bisa mencari penginapan yang banyak tersedia. Harga penginapannya terjangkau sehingga keesokan harinya kamu bisa lanjut mengunjungi pantai lain yang berdekatan.

7. Pantai Drini

Ingin menikmati pantai dengan pemandangan pulau, kamu bisa datang ke pantai Drini. Bahkan keberadaan pulau ini membuat Pantai Drini memiliki ciri khas yang unik.

Terletak di bibir pantai, pulau karang ini posisinya membelah pantai menjadi dua bagian dengan karakteristik yang berbeda. Pantai sebelah timur memiliki ombak yang tenang seakan tanpa gejolak. Sedangkan pantai sebelah barat memiliki ombak yang terbilang besar.

8. Pantai Sadranan

Satu lagi tempat wisata di Jogja berbasis pantai yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Sadranan. Pantai ini cocok buat kamu yang ingin menikmati pantai dengan menyelam. Termasuk juga jika kamu ingin mencoba sederet olahraga air seperti snorkeling.

Bahkan, pantai ini memang terkenal sebagai surganya snorkeling. Kamu bisa melihat beragam keindahan biota laut dari dekat di pantai Sadranan. Air lautnya sangat jernih sehingga terumbu karang bisa kamu nikmati dengan jelas.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata di Bali yang Populer Tahun 2023 Wajib Dikunjungi

Tidak membawa peralatan snorkeling, jangan khawatir karena kamu bisa menyewa. Harga sewanya sangat terjangkau dan kamu sudah bisa snorkeling sepuasnya. Disamping snorkeling, kamu juga bisa bermain kano dengan atau tanpa pemandu.

Lokasi pantai ini memang sedikit tersembunyi namun sangat diminati. Terlebih pantai ini juga memiliki pasir putih yang indah. Jika ingin menikmati suasana pantai Sadranan secara sempurna, kamu bahkan bisa berkemah disini.

9. Heha Sky View

Puas berkeliling di pantai dan Candi, sekarang saatnya kamu bersantai di Heha Sky View. Hanya dengan perjalanan selama 30 menit dari pusat kota, kamu sudah bisa mengunjungi wisata ini. wisatanya cocok kamu kunjungi di sore hari untuk menikmati waktu santai.

Heha Sky View sendiri menyajikan sederet fasilitas yang lengkap. Mulai dari resto, food stall, hingga deretan tempat foto instagramable. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan kota Joga dari ketinggian serta pemandangan langit yang indah.

10. Heha Ocean View

Kebalikannya dari Heha Sky View yang berada di ketinggian, Heha Ocean View berada di dekat laut. Jika kamu suka laut, maka tempat wisata di Jogja ini adalah yang paling tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa bersantai dalam aroma pantai sekaligus mendengar debur ombak yang menenangkan.

Dengan perjalanan sejauh 1,5 jam dari pusat kota, kamu sudah bisa menikmati suasana ala Jogja di Heha Ocean View. Disini juga banyak spot foto instagramable dengan latar belakang laut.

11. Obelix Hills

Bosan melihat sunset di pantai? Kamu bisa mengunjungi Obelix Hills untuk menikmati pemandangan sunset dari ketinggian. Dari pusat kota Jogja, wisata ini bisa kamu tempuh dengan perjalanan selama 1 jam.

Destinasi ini juga tidak jauh dari kawasan Candi Prambanan. Lokasinya juga brada di kawasan yang sama dengan Selo Langit, Tebing Breksi, dan Candi Ijo.

Disini kamu bisa menikmati sunset sambil menikmati kuliner yang disajikan oleh sederet resto yang ada. Tidak ketinggalan kamu juga bisa mengoleksi foto karena banyak spot menarik yang bisa kamu abadikan.

12. Bukit Bintang

Ingin melihat kota Jogja di malam hari dari ketinggian, saatnya kamu berkunjung ke bukit bintang. Tempat wisata di Jogja ini terkenal dengan sajian lanskap senja serta susana malam yang mempesona. Dengan pemandangan yang indah, bukit bintang cocok menjadi salah satu tempat hang out. Terlebih tempat ini memang identik sebagai kawasan favorit bagi kaum muda Jogja.

Selain pemandangan kota Jogja, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari sini. Kamu bisa bersantai mulai dari moment sunset hingga malam beranjak gelap. Mulai dari indahnya matahari tenggelam hingga berganti menjadi pemandangan langit serta kota Jogja yang gemerlap.

Baca Juga :   Menikmati Keindahan Wisata Pantai Aceh

13. Jogja Bay Waterpark

Belum puas bermain air di pantai, kamu juga bisa mengunjungi Jogja Bay Waterpark. Destinasi ini merupakan wisata air terbesar di Indonesia jadi kamu tidak boleh melewatkannya.

Tema wisata air ini adalah bajak laut sehingga kamu akan merasakan suasana yang seru begitu masuk kedalamnya. Terdapat sederet wahana permainan air yang bisa kamu coba. Diantaranya ada Bekti Adventure dan Volcano Coaster. Kamu juga bisa menguji nyali di Memo Racer dengan menara setinggi 26 meter.

Puas dengan wahana Jogja Bay Waterpark, kamu bisa menikmati kuliner juga. Tersedia sederet restoran yang bisa kamu pilih untuk mengisi kembali tenagamu.

14. Gembira Loka

Jika berkunjung bersama keluarga, maka Gembira Loka adalah destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Basis tempat wisata di Jogja yang satu ini adalah kebun binatang sehingga anak-anak akan menyukainya. Disini juga tersedia beragam wahana permainan yang bisa kamu coba bersama keluarga.

Disini kamu juga bisa menyaksikan aksi beragam satwa dari dekat. Diantaranya ada kadal raksasa atau komodo. Hewan asal pulau Komodo ini bisa kamu lihat hanya dengan mengunjungi Gembira Loka. Kebun binantang ini memang memiliki beberapa komodo karena sekaligus menjadi tempat penangkaran.

Selain komodo, banyak hewan lain yang bisa kamu temukan. Diantaranya seperti aneka reptil dan amfibi. Tidak ketinggalah juga ada koleksi hewan besar seperti harimau, gajah, dan zebra.

15. Keraton Yogyakarta

Selain semua destinasi tersebut, Jogja juga masih punya keraton yang bisa kamu kunjungi sebagai wisata edukatif. Keraton adalah tempat dimana kamu bisa melihat kebudayaan Jawa masih dijaga kelestariannya dengan lekat. Mulai dari kebiasaan, kegiatan sehari-hari, hingga pakaian adat yang digunakan.

Berkunjung kesini, kamu bisa berkeliling kompleks keraton dan melihat arsitektur bangunannya yang indah. Kamu juga bisa melihat koleksi benda bersejarah lewat museum dalam keraton ini.

Jika berkunjung diwaktu yang tepat, kamu juga bisa melihat pertunjukan seni. Setiap harinya, terdapat pertunjukan seni yang berbeda-beda di keraton ini. mulai dari tarian, wayang kulit, hingga tembang-tembang macapat.

Penutup

Demikian 15 tempat wisata di Jogja yang paling populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Namun selain yang telah disebutkan, Jogja masih punya puluhan destinasi lain yang tak kalah indah. Diantaranya ada sederet pantai, candi, dan spot hang out yang menarik untuk dikunjungi.

Yang jelas, wisata Jogja tidak akan cukup jika hanya kamu kunjungi dalam sehari. Wisata Jogja selalu punya pesona tersendiri untuk mengundangmu kembali.