Bupati Halbar Masih ‘Pelihara’ Kadis Yang Bakal Pensiun

  • Bagikan
Kepala BKD Halbar, Jubai T. Latif

JAILOLO – Masa kepemimpinan Bupati Halmahera Barat Danny Missy dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, yang sudah berselang 3 (tiga) tahun ini, masih mengandalkan pejabat yang sudah mendekati pensiun.

Sujumlah pejabat esalon II di lingkungan Pemerintah kabupaten Halmahera Barat, yang sudah lanjut usia dan telah mendekati pensiun masih ada. Diantaranya, Kepala Ketahanan Pangan (Ketpang) Mesak Falila, Kadis Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ismail Alwi, Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Fredik Budiman, Kadis Pertanian Totari Balatjai, Kadis Kesehatan Atty Tutupoho, Kepala BP3D Sayuti Djama. Walaupun demikian, semua tergantung selera Bupati.

“Memang ada sekitar 6 pejabat yang sudah mendekati pensiun di lingkup Pemkab Halbar, walaupun begitu semua tergantung pak Bupati,” hal itupun diakui Kepala BKD Halbar, Jubai T. Latif kepada KabarMalut, Rabu (8/2/2018).

Menurutnya, pejabat yang sudah mendekati pensiun masih bisa dipakai. Juga berdasarkan keinginan Bupati karena dianggap masih layak, dan itu tetap mengacu UU nomor nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan juga berdasarkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Karena itu juga masih di pertimbangkan dengan PPPK sehingga itu bisa diperpanjang,”cetusnya.

Terpisah Ketua Komisi II DPRD Halbar Djufri Muhammad, mengatakan, sebelumnya Komisi I sudah menggalar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekda pada pekan kemarin, sudah berjanji akan melakukan Asesmen pada esalon II, setelah uji kompetensi golongan IIIa dan IIIb selesai.

“Kemarin sudah dilakukan RDP meminta kejelasan terkait masalah tersebut,” ungkapnya.

Bagi pejabat yang mendekati pensiun, lanjut Djufri, tidak petut diperpanjang lagi menduduki jabatan esalon II Bupati juga tidak harus memperpanjang lagi bagi yang beranjak pensiun dan tidak pertimbangkan lagi, tetapi harus dilakukan penjajaran. Karena masih banyak ASN yang sudah memenuhi syarat kepangkatan dan golongan maka seharus dipikirkan untuk mengesih jabatan tersebut.

“Harapan kita sesuai janji pak Bupati dan pak Sekda akan melakukan Asesmen, semoga secepatnya dilakukan,” pintanya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut