Jarang Berkantor, Warga Keluhkan Kinerja Sekdes Tuada

  • Bagikan
Sekdes Tuada, Nurmaya Sardin

JAILOLO – Kinerja Sekretaris Desa (Sekdes) Tuada Kecamatan Jailolo, Nurmaya Sardin dikeluhkan masyarakat Desa Tuada. Bagaiman tidak, berbagai urusan masyarakat menjadi terbengkalai, yang disebabkan karena Sekdes jarang masuk kantor.

Warga pun berharap, Bupati Halbar Danny Missy, memberikan sanksi tegas kalau tidak warga berencana mendatangi kantor Bupati Halbar untuk mengadukan hal tersebut.

Darmin Dano Poen, Pemuda desa Tuada kepada KabarMalut, Rabu (28/2/2018), mengatakan, bagaimana terciptanya penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik, jika Sekdes sendiri jarang berkantor.

Menurutnya, Sekdes mempunyai beban tugas membantu Kepala Desa (Kades) di bidang administrasi kepada seluruh perangkat desa dan masyarakat. Untuk itu, Sekdes harus bertanggungjawab penuh terhadap tugas dan amanah yang diemban.

“Seharusnya, Sekdes sangat berperan penting di pemerintahan desa tetapi nyatanya, dia sudah dua bulan hanya masuk 15 hari,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Warga lainnya, Asirun Salim, menyatakan, keluhan ini sudah sejak lama. Bahkan, tidak diketahui apa alasan Sekdes jarang berkantor.

“Ini sudah menjadi rahasia umum, Sekdes malas berkantor,” timpalnya.

Untuk itu, Asirun berharap, Kinerja pemerintahan desa perlu dilakukan evaluasi agar kedepan perangkat desa Tuada dapat memberikan pelayanan terbaik. Walaupun demikian, Camat Jailolo juga harus memberikan pembinaan agar pemerintahan desa berjalan sesuai harapan.

“Jadi ini pak Camat harus memberikan pembinaan agar pemerintahan desa kedepan berjalan lebih baik lagi,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tuada, Iksan Faruk, saat dihubungi via hanphone, mengatakan, terkait kinerja perangkat desa Tuada belum mau memberikan tanggapannya karena sementara lagi di panggil Camat Jailolo untuk menghadap.

“Jadi nanti sebentar sudah ya, baru kase tanggapan karena saya mau bersiap ke Kantor Camat,” singkatnya.

Terpisah Camat Jailolo, Muchlis, saat dihubungi mengatakan, saat ini dirinya sedang bersama BPD dengan Sekdes. Karena,  sudah buat pemanggilan pada hari ini, pihaknya meminta klarifikasi dari mereka. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut