Bupati Halteng Bakal Jebloskan 7 Kades ke Dalam Sel

  • Bagikan
Bupati Halteng, Edi Langkara

WEDA – Bupati Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara mengigatkan para Kepala Desa (Kades) agar hati-hati dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Karena terdapat 7 Kades bakal dijebloskan ke sel tahanaan atas perbuatan mereka.

“Pada pemerintahan sebelumnya  banyak aloksi dana untuk desa banyak disalah gunakan dan tidak tepat sasaran oleh oknum Kades yang tidak bertanggung jawab,” kata Edi, Rabu (7/3/2018).

Edi mengaku, pada tahun 2018 Pemda Halteng  akan melakukan kontrol pengunaan DD di setiap desa, baik pada pengunaan untuk ADD dan DD pada tahun 2016 dan 2017.

“Saya sudah memerintahkan kepada Inspektorat agar segera mengaudit dan memeriksa pengunaan ADD dan DD di desa,” jelasnya.

Menurutnya, pihak Inspektorat sudah melaporkan hasilnya dan sesuai temuan di lapangan ada beberapa desa pengelolaan ADD dan DD tidak sesuai. Para Kades terancam dipecat dan diproses secara hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Tedapat 7 kepala desa yang saya akan berhentikan dan akan proses kepenegakan hukum. Saya sudah mendapat hasil laporan yang dilakukan Ispektorat dan saya akan suruh penegak hukum segera memeriksa ke tujuh kades tersebut,” tegasnya.

Terpisah, Sekertaris Inspektorat Halteng, Abdullah Yusup membenarkan apa yang disampaikan oleh bupati dalam kunker di Weda Timur, terkait Kades yang menyalagunakan ADD dan DD.

“Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk ke Inspektorat, kami tindaklanjuti dengan pemeriksaan lapangan dan audit atas pengunaan dan pelaksanaan Dana Desa yang tidak tepat sasaran,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut