BPCB Bakal Pugar dan Tata Benteng Saboega

  • Bagikan
Tim BPCB saat memantan kondisi Benteng Saboega Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, bakal melakukan pemugaran dan penataan Benteng Saboega Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Rencana ini diawali dengan kedatangan tim BPCB yang dipimpin langsung Kepala BPCB Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Muhammad Husni dengan melakukan kegiatan Pra Pemugaran Benteng Saboega Halbar, siang tadi. Tim BPCB melihat kondisi Benteng Saboega dan melakukan koordinasi dengan Camat Sahu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Pariwisata (Dispar) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Halbar.

“Koordinasi tim BPCB di Jailolo kemarin untuk membicarakan tentang rencana pemugaran dan penataan lingkungan Benteng Saboega agar dalam pelaksanaan pemugaran nanti dapat berjalan dengan lancar,” ungka Muhammad Husni ketika dikonfirmasi, Kamis (31/1/2019).

Muhammad menjelaskan, BPCB Malut merupakan UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah Dirjen Kebudayaan, tahun 2019 BPCB Malut mempunyai kegiatan pemugaran dan penataan lingkungan  Benteng Saboega, kegiatan ini berupa perbaikan benteng dan penataan lingkungannya.

“Kegiatan pemugaran adalah  bagian dari pelindungan Cagar Budaya untuk mencegah terjadinya kerusakan, olehnya itu, pemugaran dilakukan agar peninggalan sejarah dapat terus dimanfaatkan masyarakat,  baik untuk pendidikan sejarah maupun pariwisata,” jelasnya.

Kegiatan ini juga merupakan pendukungan terhadap kemajuan kebudayaan Halbar. Langkah awal untuk mewujudkan program kebudayaan di Halbar, BPCB bekerjasama dengan Dikbud dan Dispar dalam rencana wisata berbasis sejarah yang menghubungkan pantai, benteng saboega dan wisata air panas Gamtala melalui sungai.

Halbar, kata Muhammad, adalah daerah yang kaya akan budaya, olehnya itu, dirinya sangat mendukung untuk memajukan kebudayaan Halbar, untuk itu dalam kegiatan pemugaran dan penataan lingkungan Benteng Saboega akan dibuatkan taman baca dengan konsep selaras dengan benteng maupun bangunan tradisional lainnya di Halbar.

“Dengan adanya taman baca di Benteng Saboega, diharapkan bukan hanya memajukan pariwisata tetapi juga menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Cagar Budaya dan juga kebudayaan daerah,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut